Ribuan Dosis Vaksin Milik Pemko Pekanbaru Bakal Masuk Masa Kadaluwarsa

Ribuan Dosis Vaksin Milik Pemko Pekanbaru Bakal Masuk Masa Kadaluwarsa

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Ribuan dosis vaksin milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal masuk masa kadaluwarsa. Ada sekitar 4.000 dosis vaksin Covid-19 yang bakal kadaluwarsa pada pekan depan. 

Asisten I Setdako Pekanbaru, Syoffaizal mengatakan, ribuan dosis vaksin ini bakal kadaluwarsa pada 18 April 2022. Ia menyebut jenis vaksin ini merupakan Coronavac. 

"Tadi laporan dari kepala dinas kesehatan ada sekitar 4 ribuan dosis vaksin yang akan expired," ujar Syoffaizal, Rabu (13/4/2022). 

Menurutnya, sebelum memasuki masa kadaluwarsa, Satgas Covid-19 Pekanbaru bakal mempercepat pemberian vaksin. Mereka bakal membuat vaksinasi massal untuk menghabiskan ribuan vaksin Coronavac ini. 

Pada kategori jenis Coronavac ini, vaksin ini dapat diberikan pada anak-anak usia 6 hingga 11 tahun. Pemerintah kota pun bakal melakukan vaksinasi massal anak pada awal pekan depan. 

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, vaksinasi ini aman digunakan walaupun akan memasuki masa kadaluwarsa. 

"Yang penting jangan lewat masa expired. Kalau mendekati sih gak ada masalah. Di hari H (expired) pun digunakan tidak masalah," terangnya. 

Ia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir untuk menjalani vaksinasi. Pasca suntik vaksin tenaga kesehatan melakukan observasi. Mereka mengobservasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

"Kita akan observasi sampai benar-benar aman. Kalau aman baru boleh pulang, dan itupun tetap dalam pengawasan kami. Kalau ada kendala bisa menghubungi Puskesmas terdekat," pungkasnya.

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index