Kuota Haji Dibatasi Pasca Wabah Covid-19, 132 JCH Bengkalis Mulai Ikuti Pembekalan

Kuota Haji Dibatasi Pasca Wabah Covid-19, 132 JCH Bengkalis Mulai Ikuti Pembekalan
JCH : Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkalis Rayon Bengkalis kembali mengikuti pembekalan, di Ball Room Pantai Marina Hotel Bengkalis, Rabu (18/5/2022).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM — Sebanyak 132 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkalis mulai mengikuti pembekalan sebelum diberangkatan. Pembekalan tersebut berlangsung di Ball Room Hotel Pantai Merina, Rabu (18/5/2022).

Keberangkatan JCH yang sempat beberapa kali penundaan selama dua tahun ini dikarenakan wabah pandemi Covid-19. Membuat JCH asal Kabupaten Bengkalis bisa bergembira, bisa berangkat di tahun 2022 ini. Meski kuota dan usia dibatasi, namun setidaknya tahun ini bisa menjalankan ibadah berangkat ke tanah suci.

Kegiatan pembekalan yang ditaja Kementerian Agama Bengkalis dibuka resmi Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra.

Heri menyampaikan kegiatan pembekalan bagi JCH di lakukan sebagai salah satu bentuk komitmen, keseriusan serta kepedulian Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mempersiapkan  JCH agar para jama’ah, dapat memahami dan mengetahui pelaksanaan ritual ibadah haji secara baik dan benar.

“Kepada para JHC kami berharap, untuk dapat mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga para jama’ah, dapat memahami secara detail tentang rukun, syarat maupun tatacara pelaksanaan ibadah haji, sesuai syariat sehingga bisa kembali nantinya menjadi haji yang mabrur,” harap Heri

Kemudian Heri berpesan walaupun pemberangkatan Haji tahun ini mengalami penurunan, kai berharap para JHC untuk tetap menjaga kekompakan dan saling menghormati serta berakhlakul karimah.

"Walaupun pada pemberangkatan haji tahun ini, kuota jama’ah haji kita mengalami penurunan dari dua tahun sebelumnya. Dimana untuk Indonesia saja, tahun 2022 ini menerima kuota 100.051 untuk jamaah dan 1.901 untuk petugas. Sedangkan untuk Kabupaten Bengkalis, pada tahun 2022 ini, mendapat kuota JCH sebanyak 132 orang dengan 26 orang sebagai cadangan", jelas Heri.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pembekalan JCH Kabupaten Bengkalis H Mulyadi dalam laporannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman secara teori maupun praktek pelaksanaan ibadah haji sehingga jamaah haji tahun 2022 ini mampu dan mandiri dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya.

"Kemudian untuk pembekalan JCH Kabupaten Bengkalis, kami mendatangkan tiga narasumber dari Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau dan Bengkalis, mudah-mudahan dengan dihadirkan narasumber ini mempermudah JCH dalam pelaksanaanya nanti",  jelas Mulyadi.

Kegiatan itu turut dihadiri para undangan diantaranya Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharuddin, Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis H Khaidir, Kepala Disdalduk dan KB, H Hambali.(ra)

 

Berita Lainnya

Index