Sampah Jadi Sorotan Pj Walikota Pekanbaru, di Titik Ini Paling Banyak

Sampah Jadi Sorotan Pj Walikota Pekanbaru, di Titik Ini Paling Banyak
Tumpukan sampah di Pekanbaru.

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Permasalahan sampah di Kota Pekanbaru menjadi salah satu prioritas Penjabat (Pj) Walikota Muflihun. Ada beberapa tempat atau titik yang sering terjadi penumpukan sampah.
 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Hendra Afriadi saat dikonfirmasi menyebut memang masih ada keterlambatan pengangkutan sampah. Arahan Pj Walikota, menurutnya sudah ditindaklanjuti.
 

"Sesuai arahan dan perintah bapak Pj Walikota, Pak Muflihun dan hasil dengar pendapat dengan Komisi IV, kami melakukan percepatan pengangkutan sampah di titik yang selama ini menumpuk," kata Hendra, Kamis (26/5/2022).
 

Kata Hendra, DLHK menyiapkan armada sejak tadi malam hingga berlanjut hari ini. Tim Dinas melakukan penyisiran di tempat-tempat yang sering terjadi penumpukan sampah dan menjadi keluhan masyarakat Kota Pekanbaru.

"Kami menyiapkan armada operasional dinas untuk mengambil di zona 1 dan zona 2, di pasar pagi Arengka, ecogreen, Air Hitam, Siak II, Sigunggung. Untuk zona 2 nanti di titik seperti di Jalan Riau, di Jalan Nangka Pasar Cik Puan," kata Hendra.

Lanjutnya, armada yang disiapkan ini sifatnya membantu pihak ketiga yakni PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya. Kedua perusahaan itu memiliki zona atau wilayah masing-masing dalam mengangkat sampah.

"Kita siapkan tiga unit. Ini kan sifatnya menyisir saja, yang sampah dibuang malam," kata Hendra.

Wilayah Zona 1 dan zona 2 ini sebanyak 12 kecamatan, selain Kecamatan Rumbai Timur, Rumbai dan Rumbai Barat. Jika sudah ada pemenang, 12 kecamatan, selain tiga kecamatan itu merupakan tanggung jawab pihak ketiga.

Sesuai lelang jasa pengangkutan sampah tahun ini, pemenang lelang di dua zona itu masih perusahaan lama, yakni PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya. Lelang jasa angkutan persampahan di zona 1 dimenangkan PT Godang Tua Jaya. Nilai pagu di zona 1 ini sebesar Rp27.767.841.246,00. Penawaran yang diberikan PT Godang Tua Jaya sebesar Rp27.382.809.518,40.

Sedangkan di zona 2, dimenangkan PT Samhana Indah. Nilai pagu zona 2 ini sebesar Rp28.751.521.800,00. Nilai penawaran yang diberikan PT Samhana Indah sebesar Rp28.321.900.001,11.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index