Bupati Kasmarni Dorong Peran Perempuan Dibidang Ekonomi

Bupati Kasmarni Dorong Peran Perempuan Dibidang Ekonomi
Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharudin membuka resmi kegiatan Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Pemberdayaan Perempuan Kewenangan, Jumat (27/5/2022) di Gedung Bathin Betuah Kecamatan

MANDAU, RIAUREVIEW.COM — Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharudin membuka resmi kegiatan Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Pemberdayaan Perempuan Kewenangan, Jumat (27/5/2022) di Gedung Bathin Betuah Kecamatan Mandau.

Kegiatan ini merupakan bagian pelaksanaan pembangunan Kabupaten Bengkalis demi meningkatkan kreativitas dan peran perempuan dibidang ekonomi yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kuliner oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kabupaten Bengkalis.

Adapun para peserta kegiatan ini berjumlah 50 orang dari masyarakat Kecamatan Mandau dengan menghadirkan lima narasumber berkompeten dari TP-PKK Kecamatan Mandau.

Toharudin menyebutkan kegiatan KIE tersebut sejalan dengan program unggulan Pemkab Bengkalis yakni “Perempuan Berdaya Keluarga Sejahtera” dengan cara penguatan dan pembinaan kelompok perempuan melalui partisipasi aktif dan pelatihan soft skill untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

"Kemudian memberikan akses pemodalan khusus bagi perempuan dalam berwirausaha dan memberikan pembekalan keluarga sakinah melalui pengajian rutin satu ustad satu desa,"kata Toha.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis hingga saat ini terus mendorong para perempuan untuk meningkat kan peran nya dalam pembangunan agar lebih kreatif, sehingga punya daya saing tinggi serta dapat berkontribusi penuh dalam berbagai lini pembangunan di Kabupaten Bengkalis.

"Selain itu perempuan di Kabupaten Bengkalis harus mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional", harap Toha.

Menurutnya, karakteristik dan keberadaan perempuan secara sosial menegaskan bahwa kontribusi dan peran aktifnya begitu bermanfaat. Jika perempuan dapat berkontribusi secara penuh dalam berbagai lini pembangunan, maka kemajuan pun akan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Turut mendampingi Staf Ahli, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Raja Arlingga, Camat Mandau Riki Rihardi, Ketua TP-PKK Kecamatan Mandau Dewi Asnidar dan segenap pegurus TP-PKK Kecamatan Mandau.(ra)

Berita Lainnya

Index