PUPR Riau Bahas Progress SPAM Regional Durolis Bersama DPRD Bengkalis

PUPR Riau Bahas Progress SPAM Regional Durolis Bersama DPRD Bengkalis
Ketua Komisi II DPRD Bengkalis H. Adri.(sukardi)

MANDAU,RIAUREVIEW.COM — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau  bersama DPRD Bengalis meliputi Komisi II dan III. Melalui Rapat Koordinasi turut dibahas progress pelaksanaan SPAM regional Durolis dan rencana tarif air curah. Hal itu disampaikan Ketua Komisi II DPRD Bengkalis H. Adri, Kamis (9/6/2022). 

Rapat bersama Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis, berlangsung di Ballroom Hotel Grand Zuri, Kecamatan Mandau, tanggal 25 April 2022 lalu. Hadir memenuhi undangan rapat tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Syahrial, Ketua Komisi II H. Adri, Wakil Ketua dan sekretaris Komisi II dan III beserta anggota DPRD.

Sementara itu dari eksekutif dihadiri Bupati Bengkalis diwakili Asisten III Aulia. Kemudian dari PUPR hadir Kepala Dinas PUPR Riau Gendrayana, Kasi PUPR PKPP Riau Tri Adiya Putra, Kabid CK PUPR Kabupaten Bengkalis Randy Najestika, BPPW Riau Said M.Qadry, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis H. Khairi, Camat Bathin Solapan Aulia Army.

Diskusi ini bertujuan untuk memberikan pedoman, tata cara, dan juga untuk menentukan kesepakatan tarif air Full Cost recovery baik untuk pengelola SPAM Regional dan PDAM Offtaker. Sudah dibangunnya Insfrastruktur dengan kapasitas 300 liter perdetik untuk Dumai dan Bengkalis, maka hanya tinggal pemasangan listrik yang akan selesai pada tahun 2022 ini.

Ahli Keuangan Bidang Air Minum Retno Pandawi mengatakan, dari tahun 2018-2020 PDAM tidak Full Cost Recovery dan tarif ini berlaku pada tahun 2008 sedangkan pada tahun 2019 tarif tersebut belum dilaksanakan maka dengan tidak adanya perbaikan, tarif ini tidak akan full cost recovery.

"Kita bahas juga masalah bangunan infrastruktur sudah selesai, saat ini kami ingin menghilangkan subsidi ini tetapi tarif harga jual yang diterapkan yang seperti ada subsidinya," terang Ketua Komisi II H.Adri.

Sejumlah anggota DPRD Bengkalis lainnya, khusus dari Komisi III pun turut menanggapi, tentang HPP (harga penjualan pokok) dan CSR (Corporate social responsibility) dari PHR (Pertamina Hulu Rokan).

Sementara itu, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten III Aulia mengatakan, rapat koordinasi lanjutan penetapan tarif air curah SPAM Regional ini dapat dimanfaatkan untuk menyusun tarif air SPAM Regional yang terjangkau bagi masyarakat,  tanpa harus merugikan PDAM sebagai pengelola.

Selain itu, sambungnya, ini juga bagian dari upaya mempertahankan, meningkatkan kualitas dan Harga Pokok Penjualan (HPP) serta pelayanan kepada masyarakat, PDAM Tirta Terubuk Bengkalis akan melakukan penyesuaian tarif air bersih tahun 2023 agar bisa diterima di masyarakat.(ra)
 

Berita Lainnya

Index