Masuki Komplek PHR Duri, BBKSDA Riau Halau Gajah Sumatera

Masuki Komplek PHR Duri, BBKSDA Riau Halau Gajah Sumatera

RIAUREVIEW.COM --Seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) memasuki kawasan komplek PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Bengkalis. Gajah ini juga merusak beberapa tanaman di sekitar, Senin (13/6/2022).
 

Saat dikonfirmasi Plh Kepala BBKSDA Riau Wilayah II, Hartono mengatakan saat ini pihaknya tengah berupaya menghalau gajah tersebut.

"Benar ada seekor gajah bernama Getar masuk ke PHR Duri. Saat ini Tim BBKSDA Riau tengah berupaya menghalau gajah tersebut kembali ke habitatnya," katanya, Kamis (16/6/2022) pagi.

Disampaikan Hartono kebetulan lokasi PHR Duri tersebut berdekatan dengan salah satu kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja.

"Kebetulan di belakang lokasi ada Hutan Talang, salah satu kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja," ungkapnya lagi.

Untuk usia Getar sendiri kata Hartono, berusia sekitar 20 tahun. Diketahui kawasan komplek tersebut (PHR) merupakan daerah jelajah kelompok gajah Giam Siak Kecil.

"Memang beberapa waktu lalu gajah yang sama sudah pernah masuk ke area golf yang ada di Duri. Perlu diketahui, apapun yang terjadi daerah itu merupakan salah satu areal jalur jelajah gajah," terang Hartono.

Ia mengaku menghalau hewan berbadan besar tersebut secara manual cukup menjadi kendala. Sebab situasi dan kondisi memang tak memungkinkan untuk mengahalaunya dengan mercon.

"Bila Getar tak dapat juga diusir secara manual, tim BBKSDA akan mengambil langkah terakhir dengan menurunkan gajah jinak," tutupnya.*

 

Berita Lainnya

Index