Surya Budiman Turun Langsung Sembelih Hewan Qurban

Surya Budiman Turun Langsung Sembelih Hewan Qurban
Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bathin Solapan, Surya Budiman saat sedang melakukan syiar tentang penyembelihan halal hewan qurban pada Idul Adha 1443 Hijriah.(sukardi)

BATHIN SOLAPAN,RIAUREVIEW.COM — Hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi dimanfaatkan Anggota DPRD Bengkalis Daerah Pemilihan (Dapil) Bathin Solapan, Surya Budiman berbaur dengan masyarakat dan pengurus masjid. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bengkalis ini turun langsung menyembelih hewan qurban, 10 Juli 2022 lalu. 

Bertempat di halaman Masjid Darul Muttaqin, Kampung Lalang, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau. Surya Budiman piawai memegang sebilah pisau qurban bermata tajam dan cekatan menyembelih hewan qurban lembu ataupun kambing, di kampung halamannya. Tak hanya di Masjid Darul Muttaqin, Surya Budiman juga berkesempatan menyembelih hewan qurban di sejumlah Masjid di Kecamatan Mandau.

Kebiasaan ini dilakukannya, setiap Hari Raya Idul Adha. Pasalnya, ia memiliki keahlian menyembelih hewan Qurban. Ia mengatakan, ilmu penyembelihan halal ini didapatinya dari Ustadz Yusuf SZ Ash Shidiq pada pelatihan Penyembelihan Halal yang diselenggarakan JULEHA (Juru Sembelih Halal) DPD Jawa Barat, yang berkomitmen untuk syiar Penyembelihan Halal di Indonesia.

Di kampung halamannya, Surya Budiman juga berbagi ilmu yang diperoleh dengan masyarakat untuk dapat diterapkan setelah diberikan beberapa pengarahan. Ia juga berkeinginan, nantinya untuk bisa mengembangkan syiar penyembelihan hewan qurban di Kabupaten Bengkalis, melalui pelatihan-pelatihan penyembelihan halal.

“Saya punya keinginan ilmu penyembelihan qurban halal ini bisa dikembangkan melalui Syiar Peyemblihan Halal di Kabupaten Bengkalis, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan penyemblihan Halal, sesuai dengan Fiqih Sembelih dan Kesejahteraan Hewan yang materinya akan di isi oleh mentor yang berkompeten dibidangnya, terutama dari dinas perternakan atau dokter hewan,”ujar Anggota DPRD Bengkalis dari Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Lebih lanjut Surya mengutarakan, pada Idul Adha tahun ini, ia berkesempatan melaksanakan sholat Ied di Masjid Darul Muttaqin. Kemudian mendapatkan kesempatan melaksanakan penyembelihan hewan Qurban di Halaman Mesjid Darul Muttaqin, setelah itu langsung mengunjungi peyemblihan hewan Qurban di Mesjid Babul Khairat di Jalan Nusantara 1 Kecamatan Mandau.

Kemudian dilanjutkan esok harinya tanggal 11 Juli 2022 melaksanakan penyembelihan hewan qurban bersama masyarakat Gonjong Limo, Kecamatan Bathin Solapan dilanjutkan di Tanah Hibah Jalan. Pahlawan KM 4 di dekat Kantor Desa Balai Makam.

“Sudah tak terhitung lagi berapa jumlah hewan qurban yang saya sembalih. Artinya, saya punya kewajiban untuk menularkan keilmuan dibidang penyembelihan halal hewan quban. Kedepannya, saya ingin memperbaiki management Qurban dan pola penyemblihan untuk mengurangi resiko dan tingginya tingkat stress hewan Qurban,”ujar pria kelahiran 08 Februari 1981.(ra)

Berita Lainnya

Index