Sejak BSSR Selatbaru Dibuka, Imigrasi Bengkalis Terima 1.049 Permohonan Paspor

Sejak BSSR Selatbaru Dibuka, Imigrasi Bengkalis Terima 1.049 Permohonan Paspor
Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Ismed,(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Sejak dibukanya pelayanan pelayaran menghubungkan antara Bengkalis-Malaysia dan Muar. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis menerima permohonan pengurusan Paspor, yang meningkat secara signifikan. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, Dimas Pramudito melalui Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Ismed, Senin (18/7/2022).

Menurut Ismed, sejak dibukanya Pelayanan Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selatbaru tanggal 14 Juli 2022 lalu, tiga armada yang melayani pelayaran tujuan Bengkalis-Malaka dan Muar, kenaikan penumpang cukup signifikan. Begitu pula dengan permohonan pengurusan Paspor.

Dikatakannya, pengurusan Papor di awal Mei 2022 sebelum dibukanya pelabuhan itu sekitar 506 pemohon paspor. Namun setelah dibuka pelayaran tujuan luar negeri Malaysia, pada bulan Juni mencapai 1049 pemohon paspor. Pengurusan Paspor ini melalui online atau M. Paspor.

Secara komulatif, sambungnya, permohonan Paspor meningkat di Juli 2022. Sebab, tidak hanya dilayani melalui M. Paspor, tapi juga ada percepatan, BAP dan prioritas Lansia.

“Secara komulatif memang terjadi peningkatan yang signifikan. Hingga hari ini kita sudah menerima 1049 permohonan. Terutama sejak dibukanya pelabuhan BSSR Selatbaru,”ujarnya.

Ismed menjelaskan, rata-rata kepentingan pengurus Paspor ini sesuai hasil wawancara saat pengurusan Paspor adalah wisata, kunjungan keluarga dan berobat. Sebab, letak geografis antara Bengkalis dan Malaysia begitu dekat dan ada juga pernikahan campuran antara warga Bengkalis dengan Malaysia.

Untuk armada pelayanan, kata Ismed, ada tiga armada yang melayani yaitu MV. Mulya Kencana, MV. CAS dan MV. Ocean. Untuk dua armada MV. Mulya Kencana tujuan Bengkalis-Malaka, sedangkan dua armada MV. CAS dan MV. Ocean melayani tujuan Bengkalis-Muar.

“Alhamdulillah, sampai hari ini pengurusan Paspor berjalan lancar, tidak ada kendala dan semua fasilitas yang disajikan sudah layak, termasuk ruang tunggu keberangkatan juga sudah selesai,”ujarnya lagi.

Fasilitas Layanan Pengambilan Paspor di Hari Sabtu

Secara akumulasi, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis perhari menerima 60-65 pengurusan paspor. Walau secara M. Paspor hanya diberi quota 40 orang, namun upaya pelayanan tetap didulukan oleh Imigrasi mengingat adanya warga dari luar Bengkalis, yang ingin melakukan pengurusan Paspor.

“Akumulasi perhari berjumlah 40 orang melalui M. Paspor (Online). Ditambah Work In dan VIP serta priorita. Kalau keseluruhan mencapai 60-65 orang perhari. Maka pelayanan kita harus ditambah dengan fasiltas pengambilan Paspor, khusus di hari Sabtu dari pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, khusus  hanya pengambilan paspor saja,”tegas Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Ismed kepada media ini saat ditemui diruang kerjanya.(ra)
 

Berita Lainnya

Index