Viral Dugaan Anak Pejabat Pemko Pekanbaru Masuk Unri Pakai Surat Rekomendasi Walikota

Viral Dugaan Anak Pejabat Pemko Pekanbaru Masuk Unri Pakai Surat Rekomendasi Walikota

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Viral di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan surat rekomendasi mantan Walikota Pekanbaru Firdaus untuk Universitas Riau agar mempertimbangkan salah seorang calon mahasiswa agar diterima sebagai mahasiswa di Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Riau tahun akademik 2022. Surat rekomendasi itu bernomor 826.1/BKPSDM-PKA/236/2022.

Diduga calon mahasiswa tersebut adalah anak dari salah satu pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Ada dua foto yang diunggah akun Twitter @pn7I7h. Yang pertama adalah foto unggahan rekomendasi dan satu lagi adalah bukti kelulusan calon mahasiswa yang namanya ada dalam surat rekomendasi tersebut.

Dilansir dari cakaplah  dalam foto tersebut terlihat surat rekomendasi itu dikeluarkan oleh mantan Walikota Pekanbaru Firdaus pada tanggal 31 Januari 2022. Itu berarti saat itu Firdaus masih menjabat sebagai walikota. Terlihat juga tanda tangan basah Firdaus dan juga cap Walikota Pekanbaru.

"Untuk mengikuti seleksi masuk S1 di Fakultas Kedokteran Umum Universitas Riau. Besar harapan kami yang bersangkutan dapat dipertimbangkan untuk dapat diterima pada program Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Akademik 2022. Setelah selesai pendidikan yang bersangkutan bersedia mengabdi di Kota Pekanbaru," begitu isi surat rekomendasi yang diberikan oleh mantan Walikota Pekanbaru kepada salah satu siswa MAN 2 Model Pekanbaru tersebut.

Tak hanya itu saja, dalam unggahan akun @pn7I7h juga ditampilkan orang tua calon mahasiswa tersebut yang saat ini sedang bertugas sebagai salah satu pejabat di Pemko Pekanbaru.

Kasubbag Humas Universitas Riau, Rion Imron saat dikonfirmasi membenarkan terkait surat rekomendasi yang saat ini sedang viral di media sosial tersebut. Namun surat itu tak ada kaitannya dengan kelulusan mahasiswi bernama Nabila itu.

"Iya (benar soal surat rekomendasi yang viral)," ujar Rion, Jumat (22/7/2022).

Ia mengatakan terkait kabar adanya anak pejabat lulus melalui surat rekomendasi diduga dari Walikota Pekanbaru tidak benar. Tidak ada kaitan antara surat rekomendasi dan proses seleksi.

"Tidak ada kaitan lolosnya anak yang dimaksud dengan adanya surat dari Walikota itu. Itu memang murni dari nilai ujian tulis (berbasis komputer) yang diikuti oleh peserta ujian," cakap Rion.

Rion memastikan surat rekomendasi yang beredar adalah surat biasa. Namun tidak ada pengaruhnya terhadap mekanisme di penerimaan mahasiswa baru Universitas Riau.

"Terkait dengan surat dari Walikota itu, itu merupakan surat rekomendasi biasa yang bersifat permohonan. Tidak ada pengaruh dengan mekanisme penerimaan mahasiswa di Universitas Riau," sebutnya.

Disinggung terkait apakah surat rekomendasi tersebut sudah diketahui oleh Rektor, Rion tidak membantahnya. "Iya sudah," pungkasnya.***



 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index