Perkuat minat Baca di Riau, Unilak dan Dinas Perpustakaan Arsip Hadir di Area CFD

Perkuat minat Baca di Riau,  Unilak dan Dinas Perpustakaan Arsip Hadir di Area CFD

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning Pekanbaru bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip provinsi Riau berkolaborasi mengadakan kegiatan memperkuat literasi minat baca masyarakat di provinsi Riau di area Car Free Day jalan Sudirman. Minggu, 07/08/2022.
 

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan taman bacaan, arena bermain tradisional, cerita dongeng, sosialisasi Prodi S1 dan S2. Donasi buku dari Fakultas Ilmu budaya untuk Forum TBM Riau dalam gerakan sejuta buku taman baca dan Pustaka.
 

Cerita dongeng dengan judul anak bebek dan angsa yang ditampilkan dari Badan Perpustakaan Arsip mampu menarik minat orang tua dan anak anak untuk mendengar cerita.
 

Menurut Pendongeng Perpustakaan Arsip Dahliar Iskandar, manfaat mendongeng baik bagi anak-anak, pertama mendongeng bisa meningkatkan minat baca sejak usia dini, mengasah imajinasi anak-anak, kemudian juga mendongeng banyak pesan moral.
 

" Diujung dongeng harus di sampaikan pesan moral mana yang baik dan mana yang tidak, jadi ketika anak-anak beranjak dewasa akan teringat pesan pesan moral. " Ujar Dahliar  Pustakawan Perpustakaan Arsip.
 

Selain mendongeng stand Dinas Perpustakaan Arsip juga menampilkan kegiatan mewarnai, permainan ular tangga untuk anak anak, dll.
 

Ratusan buku bacaan disediakan dan menjadi daya tarik orang tua dan anak anak, selain itu laman mewarnai yang disediakan turut serta dipenuhi anak anak.
 

Stand literasi Unilak dan Dinas Perpustakaan
Aterlihat ramai dikunjungi masyarakat yang berolahraga pagi. Senam zumba diikuti ratusan masyarakat
 

Sementara itu stand dari Unilak menampilkan, musikalisasi seni budaya, pengenalan Prodi baru Teknologi Hasil Pertanian, senam Zumba, penampilan puisi dari Fakultas Ilmu Budaya, pengenalan Sekolah Pascasarjana Unilak, pengenalan satwa liar dengan menggandeng Youtuber Amar PD.  Beberapa jenis  ular juga di tampilkan seperti ular tiung, ular piton. Pengenalan Satwa liar.
 

Kepala Bagian Media dan Promosi Unilak M Revnu Ohara menyampaikan, kolaborasi Unilak bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip di harapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak anak, dengan rajin membaca maka semakin banyak pengetahuan yang diketahui dan dapat meningkatkan kecerdasaan otak.
 

Kami juga mensosialisasikan 26 Prodi yang ada di Unilak, saat ini Unilak sedang menerima mahasiswa baru, jadi masyarakat yang ingin kuliah dapat memiliki kampus Unilak , ujar M Revnu.
 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip dan Youtuber Amar Pd yang bersama sama membantu melakukan penguatan literasi bagi masyarakat. Dan di CFD kita sudah empat kali hadir di CFD. Setiap minggu di CFD kita akan menampilkan kegiatan yang berbeda beda." Ujar M Revnu Ohara. (RLS)

Berita Lainnya

Index