Sentra UMKM Arifin Achmad Dibangun 2023, Anggaran Belum Dihitung

Sentra UMKM Arifin Achmad Dibangun 2023, Anggaran Belum Dihitung

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Rencana pembangunan sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bekas gedung Kesbangpol Jalan Arifin Achmad baru akan direalisasikan pada tahun 2023 mendatang. 
 

Namun meski rencana tersebut baru akan dilakukan 2023, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih berkantor disitu tetap diminta untuk segera pindah.

"Rencananya akan direalisasikan 2023 mendatang," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Sarbaini, Senin (8/8/2022).

Ia mengaku masih belum mengetahui banyak terkait sentra UMKM tersebut.

"Belum tahu nanti bentuknya seperti apa dan berapa daya tampungnya, karena kan itu nanti dialokasikan di APBD Murni tahun 2023. Nanti juga ada Perda," Cakapnya.

Kepada wartawan Sarbaini menuturkan pihaknya masih membutuhkan berbagai tahapan persiapan untuk pembangunan sentra UMKM. Salah satunya adalah bangunan yang kini masih ditempati Kesbangpol Kota Pekanbaru dan Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru.

Meskipun sentra UMKM baru akan direalisasikan di tahun depan, tapi dinyatakan Sarbaini sebaiknya gedung yang akan ditempati sudah dalam kondisi kosong.

"Perlu jugalah keduanya pindah, biar kami bisa lakukan persiapan," Cakap Sarbaini.

Disinggung mengenai kebutuhan anggaran untuk pembangunan sentra UMK, Sarbaini mengaku juga belum menghitungnya. "Belum bisa kita hitung, nanti kita kaji dulu," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekda Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan merubah kantor lama Badan Kesbangpol Pekanbaru yang berada di Jalan Arifin Achmad menjadi pusat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru. Untuk itu, OPD yang saat ini masih berkantor disana, untuk segera pindah ke perkantoran Tenayan Raya.

Muhammad Jamil mengatakan nantinya tempat ini akan digunakan untuk memasarkan berbagai produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

"Kita berencana mengubah kantor lama Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru menjadi sentra UMKM," ujar Muhammad Jamil, Jumat (5/8/2022).

Ia mengatakan nantinya sentra UMKM ini bakal dikelola oleh Dekranasda Pekanbaru.

"Pak Walikota sudah menyampaikan terkait rencana ini. Bahkan beliau juga sudah meminta Dishub agar kerjasama dengan agent travel. Untuk waktunya segera," jelasnya.

Disinggung terkait nama yang sudah disiapkan untuk pusat UMKM tersebut, Sekda mengatakan hal tersebut masih belum ditentukan. 

"Kalau nama belum ada ya. Cuma itu ada ide dari Pj dan Tim Penggerak PKK Pekanbaru untuk sentra UMKM yang ada di Kota Pekanbaru. Kalau namanya belum tahu," Cakapnya.

Lebih lanjut Sekda meminta OPD yang masih berkantor disana seperti Kesbangpol dan Disbudpar diminta untuk segera pindah. 

"Karena kantor baru mereka di Tenayan Raya sudah ada. Kita minta mereka segera pindahlah," pungkasnya.***

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index