Pekan Aksi Literasi Riau Spesial Edisi HUT Riau dan RI Hadir di Area CFD

Pekan Aksi Literasi Riau Spesial Edisi HUT Riau dan RI Hadir di Area CFD

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning Pekanbaru bersama dengan Dinas Perpustakaan Kearsipan Riau, BMKG, RS Zainab, RS Prof Dr Tabrani Rab, Otoritas Jasa Keuangan, Youtuber Amar PD, Forum Taman Bacaan Masyarakat Riau hadir di area Car Free Day dalam rangka Pekan Aksi Literasi Spesial edisi HUT Riau 65 dan Ulang Tahun ke 77 Republika Indonesia.

Kegiatan spesial Pekan Aksi Literasi ini diisi dengan berbagai kegiatan bidang kesehatan, pendidikan, keuangan, dongeng, permainan pameran arsitektur, mewarnai, pameran buku, dan lain lain, Minggu, 21/08/2022.

Seperti yang diadakan oleh RS Zainab di area CFD mengadakan cek kesehatan gratis, pengecekan berat badan anak, serta konsultasi gizi. Dari BMKG menampilkan informasi tentang prakiraan cuaca dan iklim, dari Forum Taman Baca menampilkan lapak literasi, sementara dari Unilak mensosialisasikan fakultas pertanian, fakultas ekonomi, fakultas teknik dan penerimaan mahasiswa baru

Dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menampilkan taman bacaan anak, cerita dongeng Pak Dadang- Kak Iven, permainan ular tangga, mewarnai gratis anak anak,  mobil Perpustakaan Keliling, sementara Youtuber Amar PD menampilkan pameran edukasi satwa liar.

Menurut Kepala Dinas, Mimi Nizar yang turut hadir di area CFD mengatakan kegiatan Pekan Aksi Literasi Riau memberikan informasi literasi bidang kesehatan, keuangan, pendidikan, iklim dan cuaca dan lain-lain.

"Kami mengajak orang tua dan anak-anak untuk hadir di stand Pekan Aksi Literasi Riau di area CFD tiap minggu maupun ke gedung Perpustakaan Soeman HS. Kita harus bangga bahwa Perpustakaan Riau termegah di Asia Tenggara. Di area CFD kita mengadakan arena bermain seperti ular tangga, mewarnai, mendongeng dan buku bacaan, donasi buku. Kegiatan ini akan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, karena membantu sensor motorik. " Ujar Mimi.

Pekan Aksi Literasi Riau Spesial Edisi HUT Riau dan RI Hadir di Area CFDDikatakannya Pekan Aksi Literasi merupakan kolaborasi yang baik dan positif serta dalam rangka HUT Riau ke 65 dan HUT RI ke 77. Mimi pun mengajak orang tudan untuk memperkenalkan anak anak sejan dini untuk rajin membaca. " Dengan rajin membaca orang akan tau, orang yang rajin membaca ilmu pengetahuan akan lebih banyak dari pada orang yang tidak membaca. Buku adalah jendela dunia."

Sementara itu Agus Widodo staf BMKG menyampaikan pentingnya informasi iklim dan cuaca dalam bidang tranportasi udara, laut, darat, dan juga pertanian.

Dikatakanya untuk memberikan informasi cuaca dan iklim yang akurat BMKG Riau didukung dengan 160 alat yang tersebar di Provinsi Riau, dan didukung tiga kantor stasiun, di Pekanbaru, Indragiri Hulu, dan Dumai. Kami menyarankan kepada masyarakat dalam beraktifitas untuk selalu memantau informasi cuaca yang dapat dilihat di website BMKG, sosial media. Ujarnya.

"Informasi iklim dan cuaca penting, jika ada potensi cuaca yang buruk misalnya hujan disertai petir dan angin kencang dan tidak memungkinkan dilakukan kegiatan, ada baiknya ditunda menggelar kegiatan" Ujar Agus.

Pelaksanaan Pekan Aksi Literasi Unilak bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah berlangsung selama satu bulan di setiap hari minggu di area CFD. Di momen spesial Pekan Aksi Literasi juga diserahkan donasi buku dari KPK kepada Dinas Perpustkaan dan Kearasipan Riau, kegiatan senam sehat dan donasi buku turut menyemarakkan. (Rls)

Berita Lainnya

Index