Profil 3 Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika Perkasa

Profil 3 Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika Perkasa
Panglima TNI 'Gak Ada Main-main & Laporkan Kepada Saya'. YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa

RIAUREVIEW.COM --Jenderal Andika Perkasa bakal pensiun pada 21 Desember 2022. Suksesi calon Panglima TNI mulai menjadi perbincangan.

UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI telah mengatur rijit tentang jatah Panglima TNI. Pasal 13 ayat 5 yakni jabatan panglima sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dijabat secara bergantian oleh Perwira Tinggi aktif dari tiap-tiap Angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.

Artinya, calon Panglima TNI pengganti Andika Perkasa yakni Kasad, Kasau dan Kasal.
Saat ini, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) dijabat oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) dijabat oleh Laksamana TNI Yudo Margono. Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) dijabat oleh Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Andika Perkasa menjabat sebagai Panglima TNI sejak 17 November 2021. Genap berusia 58 tahun atau pensiun di bulan Desember 2022.

Berikut ini profil calon Panglima TNI, dilansir dari merdeka.com, Selasa (13/9):

Jenderal Dudung Abdurachman

Jenderal Dudung Abdurachman merupakan seorang perwira tinggi TNI AD yang kini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) sejak 17 November 2021.

Jenderal Dudung baru akan pensiun pada 2023 mendatang. Dudung merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988.

Karir Dudung di militer bisa dikatakan cukup mentereng. Karena telah menduduki sejumlah posisi strategis selama masa jabatannya.

Dudung pernah ditugaskan untuk menjabat sebagai Staf Khusus Kasad di tahun 2016. Lalu, pada tahun 2018 Dudung dipercaya untuk menduduki posisi Gubernur Akmil.

Tak hanya itu, Dudung juga mendapatkan kesempatan untuk menjabat sebagai Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat saat ini dipimpin oleh seorang Panglima Kostrad (Pangkostrad) di tahun 2021.

Kemudian, Dudung naik jabatan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat pada akhir tahun 2021, tepatnya (17/11).

Laksamana Yudo Margono

Laksamana Yudo Margono merupakan seorang perwira tinggi TNI-AL yang kini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) sejak 20 Mei 2020.

Laksamana Yudo Margono bakal pensiun pada November 2023 mendatang. Laksamana Yudo merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988.

Karir Yudo di militer bisa dikatakan cukup mentereng, karena telah menduduki sejumlah posisi strategis selama masa jabatannya.

Yudo pernah ditugaskan untuk menjabat sebagai Kepala Staf Koarmabar di tahun 2016.

Pada tahun 2018, Yudo dipercaya untuk menduduki posisi Pangarmabar yang dilanjut menjabat sebagai Pangarmada I di tahun yang sama.

Yudo menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) pada tahun 2019. Kemudian, Yudo naik jabatan menjadi Kepala Staf Angkatan Laut pada awal tahun 2020, tepatnya (20/4).

Marsekal Fadjar Prasetyo

Marsekal Fadjar Prasetyo merupakan seorang perwira tinggi TNI-AU yang kini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) sejak 20 Mei 2020.

Marsekal Fadjar Prasetyo bakal pensiun pada 2025 mendatang. Marsekal Fadjar, merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1988.

Karier Fadjar di militer bisa dikatakan cukup mentereng, karena telah menduduki sejumlah posisi strategis selama masa jabatannya.

Diketahui, Fadjar adalah penerbang pesawat tempur A-4 Skyhawk dengan callsign "Bobcat".

Pada tahun 2016, Fadjar dipercaya untuk menduduki posisi Danlanud Halim Perdanakusuma.

Pada tahun 2018, Fadjar dipercaya menjadi Pangkoopsau II yang kemudian dilanjut menjabat sebagai Pangkoopsau I di tahun yang sama.

Fadjar menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) pada pada tahun 2019. Kemudian, Fadjar naik jabatan menjadi Kepala Staf Angkatan Udara pada awal tahun 2020, tepatnya (20/4).

 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Lainnya

Index