BBM Naik, Ongkos Tiket Kapal Dalam dan Luar Provinsi dari Bengkalis Naik 20 Persen

BBM Naik, Ongkos Tiket Kapal Dalam dan Luar Provinsi dari Bengkalis Naik 20 Persen

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM-- Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) secara nasional turut berpengaruh terhadap kenaikan harga ongkos tiket kapal, baik dalam provinsi dan juga dalam provinsi. Kenaikan ongkos tiket penumpang mencapai 20 persen dari harga sebelum BBM naik.

Pantauan dipelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis, Rabu (14/9/2022). Kenaikan harga tiket kapal penumpang ini, terlihat sedikitpun tidak berpengaruh kepada pengguna jasa atau penumpang. Hal itu dilihat dari jumlah penumpang yang berangkat masih normal, seperti hari biasanya.

Salah seorang warga Bengkalis Fitri Soleha, penumpang kapal Batam Jet tujuan Batam saat diwawancarai Bedelau.com di pelabuhan BSL mengatakan, dirinya terpaksa harus membeli tiket tujuan Batam, karena dalam rangka keperluan mendesak.

“Ya begitulah maunya, tapi bagaimana lagi berangkat sesuai harga tiket. Sebenarnya ingin dengan harga normal, apalagi naiknya juga cepat belum lama lagi. Harapan saya sebagai masyarakat, supaya harga diturunkan sesuai ekonomi masyarakat saat ini, terlalu mahal,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis Agus Sofyan melalui UPT Pelabuhan BSL Bengkalis Syafrizam, Rabu (14/9/2022) membenarkan kenaikan tiket kapal tujuan antar provinsi dan dalam provinsi.

“Dapat kami informasikan. Tarif atau harga tiket di pelabuhan BSL ini naik sejak kenaikan harga BBM. Kenaikan ongkos mencapai 20 persen, sejak 12 September 2022 lalu. Dari harga yang biasanya Rp 120 ribu naik menjadi Rp 140 ribu. Sekitar 20 persen kenaikannya,”ujar Syafrizam.

Kenaikan ongkos tiket penumpang ini, sambungnya, sepertinya tidak berpengaruh kepada penumpang. Karena sejauh ini masih normal dan terkendali.

“Bisa dilihat disini hari ini, calon penumpang masih normal, aktifitas keberangkatan terjadi peningkatan, tidak pengaruh bagi masyarakat,”katanya.

Agen Tiket Ikuti Kebijakan 

Agen tiket yang melayani keberangkatan antara provinsi, baik dalam dan luar provinsi juga tidak bisa mengelak dengan tarif ongkos, yang ditetapkan oleh perusahaan pelayaran. Sebagai cabang perusahaan, MV. Batam Jet tetap mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan.

“Baru naik dua hari lalu, memang sedikit berpengaruh bagi kami, biaya jadi tinggi, penumpang otomatis menurun. Rata-rata penumpang kita tujuan Batam. Ongkos sebelum BBM naik itu Rp 360 ribu, setelah BBM naik menjadi Rp 430 ribu. Naik sebesar Rp 70 ribu.  Khusus Pulang Pergi (PP) Bengkalis-Batam diharga Rp 820 ribu,”kata Abin, salah satu agen MV. Batam Jet di Bengkalis.

Menurutnya, dari kondisi ini agen tiket harus mengikuti keputusan perusahaan pelayaran yang berada di Batam. 

“Kami ikuti perintah pusatnya di Batam. Kami hanya cabang tinggal menjalankan saja, pengennya saya tak usah naik lebih stabil. Tapi ini maunya pemerintah bagaimana lagi. Penumpang jelas menurun, khusus hari ini kenapa ramai, karena adanya perjalanan dinas saja, sementara penumpang awam (masyarakat) menurun. Tadi saja, ada penumpang yang terkejut atas kenaikan harga tiket ini,”sebutnya.

Sebagai informasi, harga tiket di Pelabuhan BSL Bengkalis hari ini, tujuan Batam kelas ekonomi naik menjadi Rp 430 ribu dan VIP Rp 450 ribu. Kemudian, tujuan Tanjung Balai Karimun, kelas ekonomi Rp 330 ribu, ongkos VIP Rp 350 ribu. Tujuan Bengkalis-Tanjung Samak kelas Ekonomi Rp 250 ribu dan VIP Rp 270 ribu.

Selanjutnya tujuan Bengkalis-Selatpanjang kelas ekonomi Rp 180 ribu dan VIP Rp 190 ribu dan tujuan Bengkalis-Dumai Rp 140 ribu kelas ekonomi, sementara VIP Rp 150 ribu.

“Kenaikannya terjadi sekitar 20 persen atau sekitar Rp 20 ribu dan Rp 30 ribu,”katanya.(ra)

Berita Lainnya

Index