MTQ di Pinggir, Bupati Bengkalis Minta Masyarakat Jadikan Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup

MTQ di Pinggir, Bupati Bengkalis Minta Masyarakat Jadikan Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup
MTQ PINGGIR : Bupati Bengkalis Kasmarni hadiri pembukaan MTQ- ke-18 Tingkat Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Jumat (16/9/2022) malam di halaman kantor Camat Pinggir.(sukardi)

PINGGIR,RIAUREVIEW.COM—Bupati Bengkalis Kasmarni hadir dalam pembukaan MTQ ke-18 tingkat Kecamatan Pinggir Bupati Bengkalis. Kehadian Bupati Kasmarni sangat dinanti-nantikan disana. Pelaksaan MTQ pun berjalan dengan sukses ditandai penekanan tombol serine tanda dibukanya MTQ di Tingkat Kecamatan Pinggir, Jumat (16/9/2022) malam.

Dalam kegiatan itu, Kasmarni mengharapkan seluruh masyarakat Negeri Junjungan khusus nya di Kecamatan Pinggir untuk selalu menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dalam hidup agar dapat dapat dijadikan perekat nilai kehidupan. Demikian disampaikannya, membuka resmi MTQ Kecamatan Pinggir ke-18 di halaman kantor Camat Pinggir.

Bupati Kasmarni mengatakan pelaksanaan MTQ dapat memberikan spirit untuk senantiasa menciptakan generasi Qurani yang senantiasa mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an. Dengan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dalam meyakini kebenaran Al-Qur'an.

"Sesuai dengan tema MTQ ke-18 tingkat Kecamatan Pinggir yakni menciptakan generasi cinta Al-Qur'an dan mempelajari ajaran yang terkandung didalamnya serta melaksanakan kehidupan sehari-hari demi menciptakan generasi muda yang bertaqwa dan berakhlakul karimah," kata Bupati Bengkalis.

Bupati Kasmarni yang juga mantan Camat Pinggir ini menambahkan untuk menciptakan generasi Al-Qur'an perlu dukungan dari semua pihak terutama dari orang tua dan masyarakat mengingat kedua sektor ini memiliki peran penting dalam membangkitkan suasana cinta Al-Qur'an.

"Saat ini banyak keluarga dan masyarakat sekitar kita yang memiliki keinginan kuat dalam menciptakan generasi Qurani, karena sampai saat ini kita justru melihat lebih banyak berinteraksi dengan gadget dari pada Al-Qur'an," ujarnya.

Bupati Kasmarni mengajak untuk selalu membuat kegiatan pendidikan Al-Qur'an atau mengaji bersama dengan melibatkan remaja mesjid sehingga ilmu agama dapat diperoleh sejak dini.

"Mari kita ajak anak-anak kita majelis ilmu untuk memperkuat ilmu keagamaan dan selalu istiqomah di jalan Allah SWT, sehingga akan terbentuk insan yang berakhlakul karimah," kata Bupati Kasmarni.

Diikuti 222 Peserta 

Sebanyak 222 peserta se-Kecamatan Pinggir bakal berlomba pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-18 tahun 2022. Hal itu dikemukakan langsung ketua panitia pelaksana MTQ tingkat Kecamatan Pinggir Muhammad Fahmi.

Fahmi mengatakan kegiatan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 16 sampai dengan 20 September di halaman astaka utama kantor Camat Pinggir. Adapun cabang perlombaan yang diperlombakan yakni 14 cabang terdiri dari, Pawai Ta'aruf, Tartil Qur'an, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa.

Kemudian, Tahfidz 1 Juz, Tahfidz 5 Juz, Tahfidz 10 Juz, Syarhil Qur'an, Fahmil Qur'an, Naskah, Kontemporer, Rebana dan Stand Bazar.

Sedangkan jumlah peserta MTQ tingkat Kecamatan Pinggir tahun ini, laki-laki berjumlah 106 orang dan perempuan 116 orang dan total keseluruhan berjumlah 222 orang dan kumpulan rebana sebanyak 12 grub yang di utus langsung oleh masing-masing desa.

Menurut Muhammad Fahmi, perhelatan MTQ tingkat Kecamatan Pinggir merupakan pembinaan kader Alquran, sekaligus untuk mencari peserta terbaik untuk ajang MTQ tingkat kabupaten yang bakal digelar pada bulan November 2022 mendatang.

Tak kalah penting, melalui perhelatan MTQ sebagai upaya lebih mengguangkan dan mensyiarkan nilai-nilai Alquran di tengah-tengah masyarakat, sehingga terwujud masyarakat yang Qurani.(infotorial/sukardi)

Berita Lainnya

Index