Jurus Rektor Unilak Dr. Junaidi Ciptakan Sekolah Unggul di Kab Siak

Jurus Rektor Unilak Dr. Junaidi Ciptakan Sekolah Unggul di Kab Siak

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM ---Rektor Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Dr Junaidi bertemu dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA/SMK/MA (MKKS) se Kabupaten Siak. Pertemuan berlangsung di gedung Rektorat, Sabtu/17/09/2022.

Dari MKKS Kab Siak berjumlah 8 orang, diantaranya Kepala Sekolah SMKN 1 Kandis Ahmad Jabir, Kepala SMK 1 Koto Gasib Raja Zalhairi, Kepala Sekolah SMA 2 Bunga Raya Hermayanti, dan lain lain. Dari Unilak turut hadir Wakil Rektor I Dr Zamzami.M.Kom, Kepala Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) Dr Nurfaisal, Dekan Fakulas Ekonomi Dr Arizal, Dekan Fakultas Hukum Dr Fahmi.SH.MH, Dekan Fasilkom Dr Fadrizal.M.Kom, Kepala Biro Umum Wenty Sastrapitaabiyus.MM. Kabag Media dan Promosi M Revnu Ohara.M.Ikom

Pertemuan yang berlangsung dengan penuh kekeluargaan ini diisi dengan diskusi dan dialog, topik utama adalah peningkatan SDM siswa-siswa/guru/sekolah baik SMA/SMK/MA di Kab Siak.

Pertemuan diawali dengan sambutan Kepala KUIK Unilak Dr Nurfaisal, ia menyebutkan pertemuan dalam rangka peningkatan mutu kualitas pendidikan, ini dapat dilakukandengan workshop, pelatihan manajemen kepala sekolah dll. "Kepala sekolah adalah ujung tombak kemajuan pendidikan di sekolah, kita perlu bermitra. Dengan bermitra bersama, Unilak siap mendukung peningkatan mutu sekolah." 

Rektor Unilak Dr Junaidi diawal pertemuan memperkenalkan 27 Prodi yang ada di Unilak. Prodi di Unilak lebih dari 90 persen telah terakreditasi A dan B. Prodi di Unilak adalah prodi unggulan dan banyak diminati lulusan SMA dan SMK. Prodi Baru yang berdiri tahun 2022 ada Desan Interior, Pendidikan Vokasi Otomotif, Teknologi Hasil Pertanian, Bisnis Digital, Pendidikan khusus, semua Prodi itu telah memiliki mahasiswa.

" Kita perlu berdiskusi dan bermitra dengan sekolah-sekolah, Unilak punya potensi untuk dapat membantu sekolah, kami punya Doktor ahli-ahli untuk membantu. Dengan pola kemitraan perguruan tinggi dengan sekolah akan saling memberikan manfaat untuk sekolah, siswa, guru, dan dunia pendidikan di Kab Siak tentunya mendapatkan keuntungan." Ucap Dr Junaidi.

Dijelaskan Dr Junaidi untuk melakukan pelatihan, seminar dan sejenisnya tidak bisa lagi mengandalkan APBN atau APBD, namun jika bermitra dengan perguruan tinggi, saling sinergi maka pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi guru, siswa, labor, pustakawan dapat dilaksanakan. Bagi perguruan tinggi ini merupakan pengabdian/Tri Darma Perguruan Tinggi.

Beberapa bidang kerjasama yang ditawarkan Dr Junaidi yang akan diberikan ke sekolah se Kab Siak  yaitu, penguatan kompetensi guru dan kepala sekolah, pelatihan mulok dan pengelolaan Perpustakaan, tes minat bakat dan bimbingan konseling, bidang teknologi dan sistem informasi, pesantren mahasiswa, latihan kepemimpinan siswa, program pengbadian guru dan layanan publikasi jurnal penulisan guru-guru, dosen mengajar, dan administrasi digital(e-office), bank sampah(pengelolaan bank sampah)

Sementara itu salah satu Kepala Sekolah yang hadir Ahmad Jabir menyambut baik tawaran dari Rektor Unilak. " Kami tidak menyangka ternyata di Unilak banyak hal yang bisa dilakukan kerjasama, kebutuhan seperti itu lah yang kami butuhkan di Sekolah, seperti perpustakaan, labor dan lain lain," selama ini memang beberapa mahasiswa pernah ke sekolah untuk kegitan kuliah, namun penjelasan dari Rektor pada pertemuan ini betul betul sangat rinci." (Rls)

Berita Lainnya

Index