Perguruan Tinggi Pertama di Riau, Unilak Pungut Zakat Dengan Sistem Payroll

Perguruan Tinggi Pertama di Riau, Unilak Pungut Zakat Dengan Sistem Payroll

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning menerapkan sistem payroll. Zakat via payroll system adalah sebuah bentuk pelayanan zakat melalui pemotongan langsung dari gaji seorang karyawan di sebuah perusahaan. Keutamaan membayar zakat melalui payroll sistem memudahkan karyawan (penunaian zakat langsung dipotong dari gaji oleh bagian perusahaan.

Hal ini langsung disampikan oleh Rektor Unilak Dr Junaidi SS M.Hum saat melakukan sosialisasi pembayaran zakat dengan sistem payroll kepada seluruh dosen dan pegawai di lingkungan Unilak, Kamis, 22/09/2022. Untuk mensukseskan sosialisasi ini Unilak mengundang Ketua Baznas Riau, Masriadi Hasan LC MA, turut hadir Wakil Rektor II Hardi SE,MM, Kepala Biro Keungan, dosen dan pegawai di lingkungan Unilak.

Dr Junaidi dalam sambutannya menyebutkan, program pengumpulan zakat dengan sistem payroll ini telah disetujui oleh Yayasan dalam rangka untuk meningkatkan potensi zakat di Unilak. Dan puluhan dosen dan pegawai telah setuju.

"Pada kesempatan ini saya menghimbau semua kita dosen karyawan yang gaji kita itu dibayarkan oleh Yayasan, kita semua untuk tunaikan zakat melalui sistem payroll. Zakat yang kita bayarkan nantinya juga akan kembali ke kita, kembali ke Unilak. Potensi zakat kita sebenarnya besar tetapi yang terkumpul baru sedikit, dengan sistem Payrol akan lebih mudah efisien dan zakat yang terkumpul makin besar." ujar Dr Junaidi.

Sementara itu Ketua Baznas Riau Masriadi Hasan memberikan apresiasi kepada Unilak yang telah menggunakan pengumpulan zakat dengan sistem payoll. Unilak menjadi perguruan tinggi pertama di Riau yang menggunakan sistem payroll. Semangat untuk mengmbangkan zakat di Riau ini sudah sangat baik bahkan sudah sampai di kamus-kampus.

Dikatakannya dalam rangka mensukseskan pengumpulan zakat dengan sistem Payrol, Baznas, Yayasan Raja Ali Haji dan Rektor Unilak telah bertemu dan mendukung program ini. Ini program yang sangat baik karena akan sangat besar manfaatnya terutama bagi anak-anak kita yang kuliah di Unilak. Kita punya pesantren mahasiswa Unilak dan ini dibiayai dari zakat, dengan sitem payroll maka kesempata semakin banyak anak anak kita yang akan kuliah di perguruan tinggi.

"Potensi zakat di Riau itu sangat besar, secara umum tiap tahun ada 1,8Trilyun, ini jumlah yang sangat besar untuk  mengelolanya, potensi besar ini termasuk di dalam ada perguruan tinggi. Harapan kita dengan payrool sistem potensi zakat di Unilak bisa tembus 500-1M. Ujar Masriadi Hasan

Sementara itu salah satu dosen Fasilkom Unilak M Revnu Ohara sepakat dengan penerapan pengumpulan zakat dengan sistem payroll. Sistem ini memudahkan para dosen, dan zakat memang kewajiban maka dari itu ya kita tunaikan, dan dengan payroll ini juga memudahkan UPZ Unilak, tentunya dengan zakat yang kita bayarkan manfatnya juga untuk kita (Unilak), ujarnya." (Rls)

Berita Lainnya

Index