Tahun Ini Unilak Terima 14 Mahasiswa Disabilitas

Tahun Ini Unilak Terima 14 Mahasiswa Disabilitas

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning (Unilak) resmi memulai Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2022. Acara dibuka oleh Rektor Dr Junaidi SS M.Hum di lapangan sepak bola, Rabu (28/9/2022).

Pada tahun 2022 ini, Unilak menerima 2.500 mahasiswa baru yang diterima di 24 Prodi dan 10 Fakultas yang ada di Unilak. Dari jumlah tersebut, 14 orang diantaranya adalah penyandang disabilitas.

Rektor Unilak Dr Junaidi saat membuka PKKMB merasa bangga dan senang bisa menyambut mahasiswa baru. 

"Selamat datang kepada mahasiswa baru, saya ingin sampaikan pilihan adik-adik kuliah di Unilak adalah pilihan tepat. Diantara ribuan mahasiswa baru ada saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus/disabilitas," ujar Rektor, Rabu (28/9/2022).

Ia mengatakan di tahun ini ada 14 mahasiswa dari penyandang disabilitas yang kuliah di beberapa fakultas di Unilak. 

"Ada yang di Fakultas Ekonomi Bisnis, ada yang di Fadiksi dan di Fasilkom. Melalui PKKMB ini kami ingin tegaskan bahwa Unilak resmi mengukuhkan diri menuju kampus ramah Disabilitas di Riau," cakapnya.

Ditegaskan Dr Junaidi, prinsip Education For All menjadi dasar Unilak menerima mahasiswa baru disabilitas. Pendidikan untuk semua merupakan hak setiap warga negara karena diatur dalam UUD.

"Saya teringat saat kuliah dulu menjadi bagian dari relawan disabilitas, membantu mahasiswa-mahasiswa berkebutuhan khusus. Hari ini secara resmi Unilak telah menerima mahasiswa disabilitas, walaupun beberapa tahun lalu sudah ada yang kuliah dan sarjana," sebutnya.

"Saya mengajak untuk seluruh mahasiswa, semua yang ada di Unilak mari membantu dan bergaul dengan ramah, belajar bersama dengan mahasiswa disabilitas, bersama-sama untuk mewujudkan mimpi menjadi orang sukses," imbuhnya.

Sebagai informasi PKKMB Unilak berlangsung selama empat hari dimulai hari Rabu-Sabtu. Selain kegiatan dilakukan di tingkat Universitas mahasiswa baru juga disambut dengan kegiatan di tingkat Fakultas. 18 organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Unilak juga memamerkan kreatifitas mereka.

Pembukaan PKKMB juga dihadiri Wakil Rektor I Dr Zamzami, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto, SH, MH, dekan se lingkungan Unilak, Kepala Badan/Biro, Ketua BEM Unilak Septian Fransdika, Ketua DPM Agel Purwanda, dan panitia PKKMB.(Rls)

Berita Lainnya

Index