Kantor Dicoret-coret, 'Kepala TNTN Cabut Laporanmu, atau Kepalamu Kami Cabut'

Kantor Dicoret-coret, 'Kepala TNTN Cabut Laporanmu, atau Kepalamu Kami Cabut'

RIAUREVIEW.COM --Kantor seksi Pengelolaan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) yang berada di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui menjadi pelampiasan kemarahan diduga sejumlah warga yang melakukan aksi protes. Dinding kantor ini dicoret-coret memakai cat semprot dengan beragam tulisan berisikan kemarahan terhadap Kepala Balai TNTN.

Diduga sejumlah warga yang melakukan aksi berasal dari Desa Air Hitam Kecamatan Ukui. Aksi warga kemarin tersebut berdasarkan informasi di lapangan terkait adanya surat dari Kepala Balai TNTN meminta kepada Kepala Desa Air Hitam untuk mencabut Surat Keterangan Tanah (SKT) yang sudah ia terbitkan patut diduga di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo.

Berdasarkan informasi ini, warga melakukan aksi protes di kantor seksi pengelolaan TNTN berlokasi di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Selasa (27/9/2022) kemarin.

Saat aksi itu, pengunjuk rasa melampiaskan protes, dengan cara melakukan corat-coret dinding kantor memakai cat semprot. Diantara bentuk protes berupa tulisan ini seperti 'kepala TNTN cabut laporan mu, atau kepala mu kami cabut'.

Selain itu tulisan protes itu juga berisikan, 'Jangan ganggu masyarakat Air Hitam' dan 'Kami anti TNTN pasal 30'.

Kepala Balai TNTN Heru Sutmantoro, ketika dikonfirmasi Rabu (28/9/2022) membenarkan bahwa yang menjadi sasaran kemarahan warga adalah kantor seksi Pengelolaan TNTN. Dirinya menyerahkan proses sepenuhnya ke pihak berwajib.

Katanya, aksi warga diduga berasal dari Desa Air Hitam telah mengotori fasilitas umum milik pemerintah.

"Iya benar itu kantor seksi kita, dicoret-coret oleh warga diduga dari warga Desa Air Hitam. Kemarin itu mereka melakukan unjuk rasa, hingga mencoret-coret kantor kita di sini. Mereka ini meminta kita mencabut laporan dimana kades Air Hitam menerbitkan surat keterangan tanah patut diduga masuk dalam kawasan TNTN," ungkapnya.

Di tempat terpisah Kapolsek Ukui, Iptu Tatit Rizkyan Hanafi, S.T.K.,S.I.K, mengungkapkan aksi coret-coret di kantor seksi pengelolaan TNTN ini dilakukan sejumlah warga Desa Air Hitam, Selasa (27/9/2022) kemarin dan aksi tersebut berjalan aman dan tertib.

Cakap Kapolsek Ukui, Tatit Rizkyan, aksi warga Desa Air Hitam tersebut meminta klarifikasi dari pihak TNTN. Hanya saja di kantor seksi ini tidak dijumpai orang dari TNTN yang berkantor. 

"Dan hari ini kami melaksanakan gotong royong dihadiri pihak Polsek Ukui, masyarakat Desa Air Hitam dan Balai TNTN, melakukan pembersihan dan menghapus dinding kantor yang dicorat-coret. Intinya begini, untuk aksi kemarin itu secara spontan dan sudah difasilitasi oleh Balai TNTN, besok diadakan pertemuan dengan Kepala Desa dan Kepala Balai TNTN di Kantor Camat Ukui," tandasnya.

Berita Lainnya

Index