PKKMB Unilak Berdampak Multiplayer Effek Bagi Ekonomi Rumbai

PKKMB Unilak Berdampak Multiplayer Effek Bagi Ekonomi Rumbai

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning Pekanbaru telah memulai masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung sejak Rabu-Sabtu (28 September-1 Oktober 2022).

Pembukaan PKKMB dibuka oleh Rektor Unilak Dr Juanidi SS M.Hum di lapangan sepak bola. Pada tahun ini Unilak menerima sebanyak 2500 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selama masa PKKMB ini, memberikan dampak ekonomi bagi pelaku UMKM dan pengusaha kos-kos yang ada di Rumbai. Hal ini langsung dirasakan oleh warga sekitar lingkungan kampus Unilak.

Salah satunya adalah Junaida yang berdagang nasi, ia mendapatkan pesanan makanan selama dua hari pelaksanaan PKKMB. Untuk sehari ia menerima pesanan lebih dari 300 bungkus. Jika di total selama dua hari ada lebih dari 600 pesanan nasi bungkus.

"Alhamdulillah bisa terbantu dapat pesanan nasi bungkus ini, bisa nambah untuk kebutuhan sehari-hari." ujarnya

Hal senada juga disampikan oleh Ema pemilik warung makan harian. "Alhamdullillah mahasiswa baru Unilak sudah masuk, kemarin habis jualan, ramai. Kalau pedagang ini, ini lah yang kami tunggu, kuliah juga sudah mulai tatap muka." sebutnya.

Pemilik kos-kosan di kawasan Rumbai juga menceritakan hal yang sama Kehadiran kampus Unilak dan mahasiswa baru dengan jumlah yang banyak memberikan dampak pada warga sekitar, warung makan berputar, kos-kos, tranportasi dan lain lain.

" Alhamdulillah kos-kos saya sudah penuh, rata rata memang dipesan oleh mahasiswa Unilak, kita ada 20 kamar, semuanya full. Sejak bulan Agustus sudah penuh karena sudah diboking dan diberi panjar." ujarnya Juf pilik rumah kos Bu Yuni.

Diceritakannya, ia baru tahun ini memulai usaha kos-kosan, sengaja memilih yang dekat kampus, jadi mahasiswa yang kos kalau kuliah tinggal jalan kaki. " Sengaja pilih lokasi yang dekat kampus, di Rumbai ada dua kampus selain Unilak ada PCR, untuk sewa kos 500ribu/bulan. Kita murah agar terjangkau oleh orang tua dan mahasiswa, untuk fasilitasnya ada parkir motor didalam, kamar mandi didalam, dan dapur bersama." ujar Juf.

Pelaksanaan PKKMB Unilak berlangsung selama 4 hari, panitia menyedikan konsumsi. Setiap mahasiswa baru mendapatkan snack dan makan siang yang keseluruhannya telah ditanggung. Dalam empat hari lebih dari 6000 nasi bungkus dipesan yang tentunya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu Rekor Unilak Dr Junaidi saat membuka PKKMB Unilak menyebutkan, dengan bergabungnya 2500 mahasiswa baru, maka di Unilak akan ada interaksi lebih dari 11 mahasiswa/orang di Unilak. " Kepada mahasiswa baru ia berharap dapat menjaga nama baik kampus, dan bergaul dengan masyarkat sekitar."

Berita Lainnya

Index