Bupati Nikson Nababan Bangga Taput Dipilih SMSI Tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023

Bupati Nikson Nababan Bangga Taput Dipilih SMSI Tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023

RIAUREVIEW.COM --Bupati Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Drs Nikson Nababan MSi, berbangga hati sekaligus mengapresiasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).
 

Pasalnya SMSI memilih Kabupaten Taput sebagai salah satu tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba (GKT) dalam rangkaian menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Sumut, 4-6 Februari mendatang.

Bupati Nikson Nababan pun menegaskan komitmen dirinya dan dinas-dinas terkait untuk mendukung kegiatan tersebut. Sebab tujuannya untuk turut membangun Taput, sekaligus mengembangkan GKT.

"Di Tapanuli Utara ada beberapa geosite GKT, seperti Hutaginjang dan Muara Sibandang," ujar Nikson Nababan saat menerima kehadiran Pengurus SMSI Sumut, Panitia Rangkaian HPN SMSI 2023 di Sumut, dan Pengurus SMSI Taput, di Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Kamis (06/10/2022).

Hadir pada pertemuan itu, Wakil Ketua SMSI Sumut, Agus S Lubis, Sekretaris Erris J Napitupulu yang juga Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Sekretaris Panitia, Benny Pasaribu, Penasehat SMSI Sumut, Rony Purba, Irwan Manalu dari Bidang Organisasi, serta Ketua SMSI Taput, Jan Pieter Simorangkir beserta jajaran pengurus serta anggota.

Lebih lanjut Bupati Taput berpesan agar panitia mempersiapkan sebaik mungkin rangakaian acara Ekspedisi GKT. Apalagi peserta ekspedisi adalah para Pengurus SMSI Pusat dan dari 34 provinsi di Indonesia.

"Mari kita persiapkan dengan baik. Kalau saya di Taput, sudah pasti akan menjamu peserta. Saya sepakat dengan panitia, kita bikin di Muara Sabtu 4 Februari malamnya, saya akan ketemu dan bersilaturahmi dengan peserta," ujar Nikson.

Dalam silaturahmi itu, Nikson akan memaparkan secara umum rencana program dan realisasi pembangunan di Taput. Secara khusus soal rencana pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA) di Taput, diharapkannya agar juga didukung oleh SMSI.

Ia pun menyarankan agar kegiatan Ekspedisi GKT di Kecamatan Muara, juga diisi dengan penanaman pohon berbuah, tabur bibit ikan dan pemberian bibit bawang merah. "Supaya masyarakat juga terlibat dan merasakan langsung manfaat kegiatan kita," ujar Nikson.

Sebelumnya Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, melaporkan rencana SMSI menyemarakkan HPN di Sumut, berdasarkan arahan Ketua SMSI Pusat, Firdaus.

"Sumut tahun 2023 tuan rumah puncak HPN. Dan SMSI ambil bagian di sana, ikut menyemarakkan dengan membuat rangkaian kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, salah satu lokasinya di Tapanuli Utara," ujar Erris.

Program Ekspedisi GKT, lanjut Erris, adalah sebagai wujud nyata dukungan SMSI terhadap GKT sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG), atau penghargaan dan predikat sebagai taman warisan bumi yang diberikan UNESCO-PBB.

Selain untuk mendukung pengembangan GKT dan mempertahankan predikat UGG, ekspedisi tersebut juga untuk mempromosikan objek wisata Danau Toba yang berada di Taput, serta mengunjungi sentra produk UMKM dan potensi unggulan di Taput.

Erris Napitupulu pun memuji Bupati Nikson Nababan yang mendukung rencana pelaksanaan Ekspedisi GKT rangakaian HPN 2023 SMSI di Sumut tersebut.

Ditambahkannya, sedikitnya 150 pengurus dan utusan SMSI Pusat dan 34 Provinsi, akan ikut ambil bagian sebagai peserta dalam Ekspedisi GKT, 4-6 Februari 2023 tersebut.

Selain di Taput, peserta ekspedisi juga akan mengunjungi geosite-geosite GKT lainnya seperti di Kabupaten Samosir dan Humbang Hasundutan. "Kami semua komit untuk ikut mendukung dan mengembangkan GKT ini," ujar Erris.

Sebelumnya pada awal pertemuan kunjungan itu, SMSI Sumut dan Taput menyelamati Bupati Nikson Nababan atas ulang tahunnya yang ke-50, bertepatan dengan Hari Jadi ke-77 Kabupaten Taput, 5 Oktober 2022.

Berita Lainnya

Index