Tinjau Penanganan Banjir, Staf Ahli Bappenas Temukan Fakta Mengejutkan di Sungai Sail

Tinjau Penanganan Banjir, Staf Ahli Bappenas Temukan Fakta Mengejutkan di Sungai Sail

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Staf ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Kementerian PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Erwin Dimas mengatakan ada beberapa permasalahan yang terjadi di sepanjang aliran Sungai Sail sehingga kerap meluap dan mengakibatkan banjir di Pekanbaru.

Hal ini disampaikan Erwin Dimas usai menyusuri aliran sungai Sail bersama dengan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun didampingi sejumlah Kepala OPD seperti Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Ahad (9/10/2022). Penelusuran diawali dari Sungai Batak hingga berlanjut ke Sungai Siak tepatnya di Pelabuhan Sungai Duku.

"Hari ini saya mengajak Pj Walikota Pekanbaru untuk melihat bagaimanan penanganan banjir di Pekanbaru. Tadi kita menyusuri sungai yang dimulai dari Sungai Batak sampai ke muara sungai," ujar Erwin Dimas, Ahad (9/10/2022).

Ia mengatakan saat menelusuri sungai yang dimulai dari Sungai Batak dan berakhir di Sungai Siak (Pelabuhan Sungai Duku) pihaknya melihat permasalahan yang ada, mulai dari penyempitan sungai, pendangkalan, sampah, dan sebagainya.

"Nah itu yang kami diskusikan dengan Pj Walikota secara singkat tadi, yang itu saya pikir tindak lanjutnya pasti akan ada ini untuk bagaimana penanganannya," sebutnya.

Disampaikan Erwin, untuk penanganan dalam waktu dekat yang harus dilakukan Pemko Pekanbaru adalah dengan meneruskan penggalian, pendalaman, dan pelebaran sungai.
 


"Saya akan kembali ke Jakarta dan akan kembali diskusi dengan teman-teman di Kementerian PU, untuk bagaimana intervensi teman-teman di pusat untuk membantu penanganan banjir di Pekanbaru," sebutnya.

Lanjut Erwin, kegiatan ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Bappenas sejak beberapa hari terakhir ke Kepri dan juga Riau.

"Saya diminta untuk melakukan pendalaman lebih lanjutlah mengenai kebutuhan yang ada di Riau. Kalau kemarin di Gubernuran kita berbicara mengenai pengembangan industri dan kreatifitas, nah hari ini karena saya juga merupakan bagian dari warga pekantbaru sebetulnya, saya akhirnya mengajak Pj Walikota untuk melihat bagaimana penanganan banjir yang ada di Pekanbaru," ungkapnya.

Sementara itu Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bappenas yang telah hadir di Pekanbaru dalam rangka kunjungan kerja dan mau meluangkan waktu untuk bersama melihat sungai yang dimulai dari Sungai Batak dan finish di Pelabuhan Sungai Duku dalam rangka melihat kondisi sungai.

"Sebagaimana kita tahu kemarin itu Pekanbaru sempat banjir. Semuar parit melimpah, sungai-sungai kecil melimpah, banjir dimana-mana. Dan Alhamdulillah hari ini kita bisa langsung turun bersama Bappenas melakukan pemantauan," cakapnya.

Dalam pantauan, memang kondisi sungai luar biasa. Dan dalam diskusi yang telah dilakukan bersama Bappenas serta Dinas PUPR, ke depan Pemko Pekanbaru akan melakukan pengadaan alat amfibi dan itu prioritas dan harus disegerakan.

"Karena mau tidak mau memang harus. Kita punya sungai yang harus kita bersihkan," pungkasnya.

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index