Pemdes Wonosari Sambut Kedatangan Tim Penilaian LPM Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Riau

Pemdes Wonosari Sambut Kedatangan Tim Penilaian LPM Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Riau
TIM PENILAIAN : Kepala Desa Wonosari Suswanto menyambut kedatangan tim penilaian Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) desa/kelurahan tingkat Provinsi Riau di Ruang Rapat Desa Wonosari, Kamis (20/10/2022).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM — Sebagai desa mandiri peringkat satu Kabupaten Bengkalis. Desa Wonosari mendapat perhatian khusus dari tim penilaian Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) desa/kelurahan tingkat Provinsi Riau, Kamis (20/10/2022).

Tim penilaian yang berjumlah empat orang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Riau tersebut melaksanakan tugas penilaiannya di kantor desa Wonosari serta sejumlah sarana prasarana yang tersedia.

Hal itu diutarakan Kepala Desa Wonosari, Suswanto saat menyambut kehadiran tim penilaian LPM desa/kelurahan tingkat Provinsi Riau Tahun 2022. Menurut, Suswanto, pemerintah desa mengucapkan selamat datang kepada tim penilaian dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Riau ke Desa Wonosari.

“Alhamdulillah, hari ini Kamis 20 Oktober 2022, tim penilaian dari Dinas PMD Provinsi Riau melakukan penilaian di Desa Wonosari, terkait penilaian LPM terbaik Provinsi Riau. Desa Wonosari terpilih mewakili Kabupaten Bengkalis untuk tingkat provinsi,”kata Suswanto.

Kehadirian tim berjumlah empat orang ini, tentunya ingin mensinergikan fungsi pemerintah desa dan LPM di Wonosari. Sehingga harapan desa, LPM mampu memberikan peranannya, bagi masyarakat desa.

“Kami sangat bersyukur, telah diberikan kepercayaaan oleh Dinas PMD dan pemerintah Kabupaten Bengkalis, untuk mewakili Kabupaten Bengkalis ke tingkat provinsi Riau. Dengan harapan mudah-mudahan kita bisa menyajikan yang terbaik kepada pemerintah Kabupaten Bengkalis,”ujarnya.

Suswanto juga menuturkan, pemerintah desa bersama masyarakat hari ini sudah berupaya membangun desa lebih baik dan mandiri. Sehingga tahun 2022, Wonosari dinobatkan sebagai desa mandiri terbaik I, tingkat Kabupaten Bengkalis.

“Seperti kita ketahui bersama, LPM yang ada di desa ini memiliki fungsi, selain membantu kinerja kepala desa, juga sebagai dorongan aspirasi masyarakat desa, pembinaan masyarakat serta sinergisitas dari tingkat bawah sampai ke jenjang pemerintah desa,”urai pria yang akrab disapa Landung ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis Zainab, kepada media ini mengutarakan, kegiatan ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Dimana tim penilaian LPM desa/kelurahan tingkat Provinsi Riau memilih desa Wonosari mewakili Kabupaten Bengkalis ke tingkat Provinsi Riau.

“Berdasarkan hasil penilaian tingkat Kabupaten Bengkalis, maka desa Wonosari ini dinobatkan masuk dalam penilaian tim ditingkat provinsi. Sebab dari tiga kategori penilaian yakni Desa Mandiri, Desa Maju dan Desa Berkembanga. Wonosari masuk dalam kategori Desa Mandiri peringkat I, nah dari hal ini kita usulkan mewakili kabupaten ditingkat provinsi Riau, untuk penilaian LPM nya,”kata Zainab.

Wanita berhijab ini menjelaskan, setiap tahun Dinas PMD Bengkalis melakukan evaluasi perkembangan desa, hasil evaluasi tersebut menjadi tolak ukur untuk diikut sertakan dalam rangkaian kegiatan ditingkat provinsi Riau.

“Desa Wonosari mewakili nama kabupaten Bengkalis hari ini, diharapkan dengan kesiapan yang ada saat ini bisa maksimal dan bisa melengkapi apa yang diminta tim penilaian, sesuai juknisnya serta dokumentasi dan profil LPM, penilaian berlangsung selama satu hari penuh turut didampingi camat Bengkalis, kepala desa dan LPM desa Wonosari,”tutupnya.(ra)

Berita Lainnya

Index