Festival Budaya Bahari Pantai Selatbaru 2022

Bagus Santoso : Objek Wisata Jadi Penopang Ekonomi Masyarakat

Bagus Santoso : Objek Wisata Jadi Penopang Ekonomi Masyarakat
Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso membuka Festival Budaya Bahari Pantai Wisata Selatbaru Tahun 2022, Sabtu (22/10/2022).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM— Objek wisata Pantai Selatbaru di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis merupakan objek wisata yang terus berkembang. Ditengah kondisi pasca pandemi Covid-19 ini, diharapkan seluruh objek wisata di Kabupaten Bengkalis bisa menjadi target pemulihan ekonomi bagi masyarakat setempat.

Melalui rangkaian kegiatan Festival Budaya Bahari Pantai Selatbaru Tahun 2022, Dinas Pariwisata Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, Sabtu (22/10/2022) menaja sejumlah kegiatan perlombaan di areal Pantai Wisata Selatbaru.

Kegiatan itu dibuka resmi Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso. Rangkaian kegiatan yang diikuti sekitar ratusan warga tempatan dan disaksikan pengunjung (wisatawan lokal). Festival Budaya Bahari berlangsung meriah.

Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan, begitu pula wisatawan yang sejak pagi sudah mengunjungi Pantai Selatbaru. Pantai yang dikenal dengan pasir lautnya ini, memiliki daya tarik masyarakat untuk dikunjungi. 

Kendati masih belum memiliki sarana atau prasarana pendukung yang memadati. Akan tetapi, adanya Pantai Selatbaru menjadi pilihan masyarakat untuk mengisi hari libur bersama keluarga. 

Dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, S.Pd, M.Pd melaporkan, rangkaian Festival Budaya Bahari Pantai Selatbaru ini diselenggarakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (22-23 Oktober 2022). 

Menurut Edi Sakura, kegiatan yang masuk dalam kelender tahunan Pariwisata ini, hendaknya bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal dan nasional di Pantai Wisata Selatbaru. Selain itu juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Melalui tema kegiatan hari ini yaitu Kita Tumbuhkan jatidiri menuju masyarakat Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera. Maka perlu kita bersama-sama untuk bagaimana pantai wisata Selatbaru bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Hari ini kita juga laksanakan rangkaian perlombaan, mulai dari lomba layang-layang, Jung, lomba gasing dan sebagainya, agar meningkatkan kunjungan wisata,”kata Edi Sakura.

Ia juga mengatakan, tahun 2023 mendatang akan dilaksanakan relokasi para pedagang yang anggarannya telah disiapkan. Begitu pula dengan keberadaan kebun binatang Selatbaru, yang akan dikelola secara khusus nantinya, sehingga objek wisata di Pantai Selatbaru bisa terjaga dan terawat dengan baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Disparbudpora Kabupaten Bengkalis atas terselenggaranya Festival Budaya Bahari Pantai Selatbaru Tahun 2022.

Seperti diketahui, kata Bagus Santoso, sektor pariwisata hari ini sudah mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apalagi jika jika dibenahi dengan baik, tentunya akan lebih meningkat lagi dan menarik daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

“Saat ini, Pemkab Bengkalis terus bergeliat untuk memajukan serta mengembangkan sektor pariwisata. Sebab, pariwisata ini adalah sumber pendapatan yang sangat besar, mulai dari pariwisata pantai, pariwisata alam, religi serta kuliner, semuanya menjadi penopang ekonomi masyarakat,”kata Bagua Santoso.

Ia juga menimpali, Pantai Wisata Selatbaru sudah eksis sejak lama. Ia berharap dukungan dan sinergi dari semua pihak, terutama Pemprov Riau dan pemerintah pusat, agar turut memberikan perhatiannya dalam urusan infrastruktur, sarana dan prasarana serta anggaran. Sehingga pariwisata di daerah dapat berkembang sesuai harapan.

“Dalam mengembangkan objek wisata bahari ini, tidak semata-mata mengandalkan APBD saja. Karena APBD kita terbatas, namun dukungan dan bantuan pihak lain tetap diharapkan, termasuk investasi dari swasta,juga sangat diperlukan,”ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, beberapa hal yang harus ditanamkan dalam upaya meningkatkan objek wisata di daerah. Pertama yaitu memperkuat bidang promosi, kemudian juga memperbanyak iven-iven di areal objek wisata. Kedua, keseriusan dalam hal pengelolaan objek wisata di daerah.

Dalam kegiatan itu, Wabup Bagus Santoso turut didampingi Sekda Bengkalis H. Bustami HY, Dandim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto, Ketua Pengadilan Agama (PA) Bengkalis Rahmatullah Ramadhan, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah Bagus Santoso, Kepala Imigrasi Bengkalis Dimas Pramudito, Danpos AL Sersan Wiyanto serta pejabat lainnya.

Rangkaian kegiatan itu juga, Wabup Bagus Santoso menyempatkan membuka sejumlah perlombaan diantaranya Lomba Jung di Pasir Pantai Selatbaru. Lomba Gasing di areal taman Pantai Selatbaru dan menyapa seluruh masyarakat pengunjung Pantai Selatbaru.(ra)

Berita Lainnya

Index