Diskominfotik Bengkalis Luncurkan Self Assesment Questionnaire Award 2022

Diskominfotik Bengkalis Luncurkan Self Assesment Questionnaire Award 2022
Pemkab Bengkalis luncurkan Selt Assesment Questionnaire (SAQ) Award 2022 dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik, Rabu (26/10/2022).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Pemkab Bengkalis melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis meluncurkan Self Assesment Questionnaire atau SAQ Award 2022, di Gedung Daerah, Rabu (26/10/2022).

SAQ Award 2022 ini nantinya bertujuan sebagai sarana penilaian keterbukaan informasi publik,, dalam upaya untuk meningkatkan gairah badan publik yang ada di daerah Kabupaten Bengkalis. Sehingga, bisa berlomba-lomba memberikan Keterbukan Informasi Publik yang berkualitas, transparan, terukur, terarah dan akuntabel.

Penilaian keterbukaan informasi dilakukan di setiap badan publik di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, guna memotivasi Badan Publik, untuk benar-benar melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik ini, dalam mendukung terwujud pemerintahan yang good governance.
Peluncuran Self Assesment Questionnaire atau SAQ Award 2022 langsung oleh Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri.

Kegiatan itu turut dihadiri Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Zufra Irwan, Kepala Diskominfotik Kabupaten Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko dan seluruh kepala OPD lingkup Pemkab Bengkalis.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Elkhusairi dalam laporannya mengutarakan, sosialiasi tentang pengisian kuesioner ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta PPID pembantu cara mengisi Self Assesment Questionnaire atau SAQ Award 2022. Kemudian peningkatan kemampuan serta wawasan peserta.

“Nanti para peserta akan diajarkan bagaimana cara mengisi kuesioneratau Self Assesment Questionnaire oleh narasumber kita, yaitu langsung di sampaikan Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan dan Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Riau Tatang Yudiansyah,” tutur pria yang akrab disapa Eri ini.

Eri juga menjelaskan, pelatihan atau sosialiasi tata cara pengisian SAQ juga  dilaksanakan selama satu hari penuh tanggal 26 Oktober 2022.

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Zufra Irwan, menyambut baik serta apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis atas peluncuran Self Assesment Questionnaire (SAQ).

“Ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa, patut kita berikan apresiasi setinggi-tingginya, karena setahu saya peluncuran Self Assesment Questionnaire (SAQ) atau penilian keterbukan informasi terhadap badan publik, baru pertama kali ada di Kabupaten Bengkalis, semoga Kabupaten Bengkalis menjadi contoh terbaik untuk daerah-daerah lainnya. Bahkan se-Sumatra, hanya Kabupaten Bengkalis melakukan Self Assesment Questionnaire atau SAQ ini,”urainya.(ra)
 

Berita Lainnya

Index