APBD Murni Provinsi Riau Tahun 2023 Disahkan Rp9,83 Triliun

APBD Murni Provinsi Riau Tahun 2023 Disahkan Rp9,83 Triliun
ilustrasi net

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah selesai meggelar rapat paripurna pengesahan APBD Murni tahun 2023, Kamis (10/11/2022).

Dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Riau Yulisman itu, APBD Murni tahun 2023 disahkan sebesar Rp9,83 triliun.

"Selanjutnya kita tunggu tahapan di Kemendagri ya, itu nanti ada evaluasi dan lainnya," kata Yulisman.

Soal adanya defisit sekitar Rp 600 miliar, Yulisman menyampaikan ada pengurangan anggaran Pemprov Riau dari pemerintah pusat. Maka, kata dia, perlu ada prioritas yang sesuai dengan yang berkembang di masyarakat.

"Kemudian tak boleh keluar dari yang ada di RPJMD. Tentu situasinya berkembang juga pasca Covid-19 banyak yang tertunda program prioritas pemerintah," jelas dia.

"Intinya APBD sudah dikaji dengan Banggar dan TAPD, antara DPRD dengan Pemprov. Sudah melalui tahapan dan evaluasi bersama," kata Yulisman.

Gubernur Riau Syamsuar, mengatakan setelah disahkan, Pemprov akan menindaklanjuti hasil kerja Banggar dengan menyampaikan hal ini ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Ini akan dilakukan fasilitasi Menteri Dalam Negeri. Semoga nanti cepat selesainya," kata Syamsuar.

Pemprov juga akan melakukan proses percepatan kegiatan lainnya, salah satunya dengan melakukan tenderisasi lebih cepat pada tahun ini. Agar, pekerjaan terkait dengan fisik dapat lebih cepat diselesaikan pada tahun 2023.

Soal program yang difokuskan dari APBD 2023, Pemprov akan tetap menyesuaikan pada program prioritas.

"Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," kata dia.
 

 

 

Sumber: riauaktual.com
 

Berita Lainnya

Index