Hari Ikan Nasional, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Makanan Bergizi

Hari Ikan Nasional, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Makanan Bergizi
Bupati Bengkalis Kasmarni menghadiri peringatan Harkannas ke-9, Senin (21/11/2022) di halaman kantor Dinas Perikanan Jalan Pertanian Kabupaten Bengkalis.(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 Tahun 2022. Bupati Bengkalis Kasmarni mengajak masyarakat meningkatkan pengetahuan tentang kandungan gizi dan manfaat ikan dalam menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan.

Demikian disampaikan Kasmarni, saat menghadiri peringatan Harkannas ke-9, Senin (21/11/2022) di halaman kantor Dinas Perikanan Jalan Pertanian Kabupaten Bengkalis.

Menurutnya, melalui momentum peringatan Harkannas dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan dalam menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan.

"Memasyarakatkan gemar makan ikan dalam memenuhi kebutuhan gizi dan protein hewani yang bersumber dari ikan kepada anak-anak generasi muda Kabupaten Bengkalis sehingga dapat mencerdaskan anak bangsa," kata Kasmarni.

Ia menambahkan, sesuai tema Harkannas ke-9 tahun ini, tentunya menyehatkan dan mencerdaskan untuk generasi unggul memiliki makna yang sangat penting, karena dengan mengkonsumsi ikan dapat menjadi sumber protein utama dan asam lemak omega 3 dalam peningkatan kualitas generasi penerus bangsa dalam memerangi stunting.

"Terus kampanyekan serta edukasi penguatan makan ikan kepada masyarakat dan harus terus dilakukan secara intensif, masif dan menarik. Hal itu harus dilakukan dimulai dari keluarga, rumah, maupun sekolah," katanya.

Bupati perempuan ini menekankan, untuk selalu membudayakan makan ikan serta meningkatkan minat masyarakat agar mengkonsumsi ikan sejak dini merupakan suatu keharusan dalam memenuhi gizi anak.

"Melalui peringatan hari ikan sebagai upaya untuk menciptakan generasi bebas stunting dan sehat serta unggul dengan memperkuat soliditas dan sinergi semua pihak, baik itu PKK, tokoh masyarakat, dan kader posyandu," ajaknya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu memperkuat sinergi untuk mencetak generasi sehat, unggul dan bebas stunting dengan terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan bagi keluarga, ibu hamil dan anak-anak.

Disela-sela kegiatan tersebut, Bupati Bengkalis Kasmarni turut menyerahkan makanan olahan ikan untuk anak PAUD, bantuan pembangunan rumah pengolahan ikan dan sumur bor, bantuan alat pengolahan, bantuan sarana penangkapan ikan, bantuan alat tangkap, bantuan penyediaan sarana Budidaya ikan konsumsi air tawar, serta bantuan pendayagunaan zakat dari Baznas Bengkalis.(ra)
 

Berita Lainnya

Index