Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, Bupati Muhammad Adil Fasilitasi UKW di Meranti

Tingkatkan Profesionalisme Wartawan, Bupati Muhammad Adil Fasilitasi UKW di Meranti

MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Upaya meningkatkan profesionalisme wartawan yang dilakukan Pemkab Meranti disambut positif oleh insan pers wilayah Meranti dan sekitarnya. Hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian bekerjama dengan DPC Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Kepulauan Meranti di Ballroom Gedung Afifa Selatpanjang, Selasa (6/12/2022).

Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil. SH, MM, saat membuka secara resmi kegiatan UKW menyebutkan, sertifikasi kompetensi profesi di era sekarang telah menjadi keharusan untuk menunjukkan kualitas dan profesionalitas seseorang di bidang pekerjaannya termasuk profesi wartawan.

Adil melanjutkan, tujuan penyelenggaraan UKW adalah melahirkan wartawan profesional dan berkompeten dalam rangka memberikan informasi yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik.

"Tujuan kami (Pemerintah Daerah) melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan adalah memberi ruang rekan wartawan meningkatkan kompetensinya, agar menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas, karna informasi yang ditulis oleh wartawan yang baik dan benar merupakan tolak ukur masyarakat dalam menilai dan menerima informasi kinerja pemerintah  yang baik dan benar pula, saya yakin dari kegiatan ini nantinya, akan terlahir wartawan yang teruji dan patuh pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta menjadi wartawan profesional dalam menulis berita," harap Bupati Adil.

Adil menambahkan, kedepan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan menerapkan pola kerjasama media yang lebih baik lagi.

"Kedepan pemerintah akan menerapkan aturan kerjasama media melalui Dinas Kominfotik yang lebih baik lagi. Salah satunya adalah mengutamakan wartawan berkompeten atau bersertifikasi UKW yang dapat berkontrak dan bekerjasama dalam penerbitan berita berbayar," tambah Adil.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kepulauan Meranti, Amat Safi'i, M.Kom menyebutkan, UKW dapat terlaksana berkat perhatian dan kepedulian Bupati Kepulauan Meranti dalam rangka meningkatkan kualitas informasi dan pemberitaan di lingkungan Kepulauan Meranti. Disamping itu pihaknya (Dinas Kominfotik) tengah menyusun pola kerjasama media sesuai arahan Bupati.

"UKW yang diselenggarakan hari ini merupakan bukti perhatian dan kepedulian Pak Bupati untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas rekan wartawan dalam melahirkan karya jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat kepulauan meranti, masyarakat riau maupun Indonesia pada umumnya. Saat ini kami (Dinas Kominfotik) tengah menyusun formula terbaik aturan kerjasama media dengan pemerintah daerah kedepannya," ujar Safi'i.

Ketua DPC Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Sekretaris MOI, Edi Hasibuan, A.Md. Kom, selaku panitia penyelenggara menyebutkan kegiatan ini merupakan tujuan Akhir MOI yang menginginkan wartawan Meranti memiliki legalitas lengkap, yaitu Kartu UKW yang dikeluarkan Dewan Pers.

"Ini tugas akhir kami, DPC MOI Meranti sudah beberapa kali melakukan pelatihan-pelatihan, dan ini saatnya ujian yang menentukan wartawan Meranti berkompeten," sebutnya.

Edi menambahkan hal ini juga menjadi tujuan yang sama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Bupati dalam upaya memartabatkan Insan Pers yang ada di Meranti dan Provinsi Riau.

"Kita dan Pemerintah memiliki satu misi, yaitu memartabatkan masyarakat Meranti, termasuk wartawan daerahnya," tambahnya.

Sekilas Informasi, kegiatan UKW oleh Pemkab Meranti diikuti sebanyak 36 peserta yang terdiri dari wartawan Meranti dan wartawan daerah lainnya seperti Pekanbaru dan Bengkalis. Kegiatan ini menghadirkan Lembaga Sertifikasi Profesi bersertifikasi BNSP yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi London School Public Relations (LSPR) Jakarta.

Adapun penguji yang bertugas adalah Akhmad Edhy Aruman (Dosen/Penguji LPKW LSPR), Yudono Yanuar Akhmadi (Penguji LPKW LSPR-Editor Tempo), Aprida Mardelina Sihombing (Dosen/Penguji LPKW LSPR), Martha Warta Silaban (Dosen/Penguji LPKW LSPR-Editor Tempo), Sigit Setiono (Penguji LPKW LSPR-Editor Warta Kota), Tulus Wijanarko (Penguji LPKW LSPR-Editor Tempo), M. Nuhi Riyadi (LSPR), Flandria Salwa Salsabila (LSPR) dan Endang Gea Saktiany (LSPR).

Turut hadir di lokasi acara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Irmansyah, Asisten Perekonomian Suhendri, Asisten Administrasi Umum Sudanri, Praktisi Jurnalistik El Wahyudi Panggebean, dan seluruh kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. (Sp)

Berita Lainnya

Index