Awas! Kaum Remaja di Riau Sangat Berpotensi Terjangkit HIV/AIDS

Awas! Kaum Remaja di Riau Sangat Berpotensi Terjangkit HIV/AIDS

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM -- Wakil Gubernur Riau, Brigjend (Purn) Edy Natar Nasution mengatakan bahwa kaum remaja di Riau sangat berpotensi untuk mengidap dan terjangkit HIV/AIDS.

Hal ini dikatakannya saat menghadiri sekaligus membuka acara Hybrid Seminar Nasional HIV/AIDS, Rabu (7/12/2022).

"Para remaja merupakan kelompok potensial terjangkit HIV/AIDS. Ini akibat perilaku. Remaja memilki rasa ingin tahu yang tinggi, mencoba hal baru. Tak sedikit kelompok remaja yang terjerumus dalam prilaku negatif, karena itu ini harus jadi perhatian," kata Wagubri.
 

Program pencegahan kepada para remaja ini, kata Wagub, saat ini masih belum maksimal pencegahannya. Makanya, harus dilibatkan mahasiswa untuk ambil peranan penanggulangan AIDS. Dan HIV/AIDS tak hanya dibebankan kepada Diskes saja.

"Penanggulangan HIV/AIDS di Riau, dari data yang dikumpulkan dari Diskes, sampai Agustus 2022, telah ditemukan sebanyak 7.869 orang. Jumlah ini mencapai 67,8 persen dari 11.566 target nasional," ujarnya.

Karakteristik HIV/AIDS di Riau, kata Wagub saat ini sudah mengarah ke umum, dengan Kota Pekanbaru paling besar dengan jumlah kasus 4.639 orang.

"Ibu rumah tangga menempati posisi ketiga yang paling banyak terjangkit. Temuan kasus HIV terbesar itu di angka usia 25 sampai 45 tahun, artinya itu usia produktif, itu tinggi, mencapai 60 persen," cakapnya.

"Ini keprihatian kita semua, harus jadi perhatian khusus," tukasnya.

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index