Lomba Karya Ilmiah Balitbang, SMK Negeri 1 Rupat Peringkat Terbaik 1

Lomba Karya Ilmiah Balitbang, SMK Negeri 1 Rupat Peringkat Terbaik 1
KARYA ILMIAH : Juara lomba karya ilmiah saat menerima penghargaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis, Kamis (8/12/2022).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Pelaksanaan lomba karya ilmiah yang ditaja Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis resmi ditutup. Penutupan dihadiri Staf Ahli Bupati Bengkalis Johansyah Syafri, mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni, Kamis (8/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak tiga sekolah yang mendapatkan penganugerahan lomba karya ilmiah tingkat SMA sederajat tahun 2022. Terbaik I dari SMKN 1 Rupat, terbaik II SMKN 1 Pinggir dan terbaik III SMKN 3 Bengkalis. Masing-masing pemenang mendapatkan piagam, piala dan uang pembinaan terbaik I 12 juta, terbaik II, 10 juta dan terbaik III 8 juta.

Penutupan sekaligus penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba berlangsung di halaman Balitbang Kabupaten Bengkalis, Jalan Pertanian. Lomba tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni menginginkan pelaksanaan lomba karya ilmiah, menjadi model inspirasi terutama di kalangan pelajar di Kabupaten Bengkalis.

Sehingga kedepannya, para pelajar tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, akan tetapi juga mampu menjadi produsen dalam pemikiran dan ilmu pengetahuan. Hal itu disampaikan Bupati Kasmarni dalam sambutannya, yang dibacakan Johansya Syafri disela-sela penganugerahan pemenang lomba karya ilmiah tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten Bengkalis, sekaligus pameran dan peragaan hasil penelitian tahun 2022.

Lebih lanjut Kasmarni mengatakan, hendaknya kegiatan lomba karya ilmiah ini menjadi pemicu serta semangat bersama untuk melangkah secara nyata dalam mendorong adik-adik pelajar, yang ada didaerah ini.

Selain itu juga bentuk inovasi di segala bidang guna mempercepat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, khususnya dalam hal memanfaatkan, penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta dapat memberi dorongan kepada pelajar di Kabupaten Bengkalis, untuk terus membangkitkan kreasi dan ide cemerlangnya dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Negeri Junjungan.

"Untuk itu perlu bagi kita melakukan re-aktualisasi peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam rangka meningkatkan daya saing dan produktivitas nasional, serta dalam menghadapi berbagai permasalahan bangsa masa kini dan masa datang. Dan sejalan dengan tema kegiatan lomba ilmiah tahun ini  yakni Pemanfaatan Teknologi Inovasi Dalam Upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi,”katanya.

Bupati perempuan di Riau itu juga berpesan kepada Balitbang Bengkalis, hasil karya ilmiah dari adik-adik pelajar ini, dimantapkan, bahkan kalau perlu dipatenkan. Sehingga hasil inovasi yang telah dilakukan adik-adik ini tidak sebatas dilombakan saja, akan tetapi benar-benar bermanfaat.
Pada kesempatan itu, Kasmarni  mengucapkan selamat dan tahniah kepada para pemenang, jangan cepat berpuas diri, teruslah tingkatkan kompetensi, guna melahirkan lebih banyak karya dan inovasi lainnya.

Terlihat hadir dalam kegiatan, Forkopimda Bengkalis dan sejumlah perwakilan dari Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(ra)

 

Berita Lainnya

Index