Upaya Penguatan Karakter Kewirausahaan Bagi Siswa SMK Perpajakan Riau Melalui Succes Story

Upaya Penguatan Karakter Kewirausahaan Bagi Siswa SMK Perpajakan Riau Melalui Succes Story

RIAUREVIEW.COM --SMK Perpajakan Riau adalah salah satu dari sekian banyak sekolah kejuruan menengah yang ada di Riau. SMK ini memiliki 620 siswa dan siswa kelas XII yang akan lulus tahun ini berjumlah 226 orang. Berdasarkan survey yang telah dilakukan, sedikit sekali bahkan tidak sampai 5% dari lulusan SMK Perpajakan yang melanjutkan keperguruan tinggi dengan berbagai alasan, salah satunya adalah kemampuan finansial orangtua yang tidak memungkinkan untuk mereka melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Mereka berharap dapat langsung bekerja setelah lulus sekolah.

Pada PKM yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya, diketahui bahwa sangat sedikit siswa SMK Perpajakan Riau yang mempunyai keinginan untuk menjadi pengusaha. Banyak hal yang menjadi alasan mereka, salah satunya adalah ketakutan mengalami kegagalan dalam usaha serta kurangnya pengetahuan tentang proses bisnis yang benar. Setelah siswa lulus sekolah maka diharapkan mereka dapat membuka usaha sendiri, membuka lapangan kerja untuk diri sendiri dan orang lain. Pengetahuan dan keinginan wirausaha yang dimulai dari bangku sekolah menjadi modal dasar bagi mereka untuk bergerak pada bidang usaha sesuai keahlian yang dimilikinya. Faktor bakat bukanlah menjadi indicator mampu menjadi wirausaha, namun hal itu muncul dan berkembang melalui pengalaman dan pelatihan.

Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unilak yang terdiri dari Zulia Khairani, SE, MM dan Reni Farwitawati, SE, M.Ak, pada tanggal 9 November 2022 telah melakukan program pengabdian kepada masyarakat bekerjasama dengan SMK Perpajakan Riau. Program ini berdasarkan dari kondisi SMK yang masih perlu diberikan pendampingan terkait kewirausahaan. SMK yang siap terjun dimasyarakat, secara riil perlu diadakan pendampingan terkait mindset kewirausahaan. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar di halaman SMK Perpajakan yang dihadiri oleh semua guru dan murid SMK Perpajakan yang berjumlah lebih kurang 600 orang siswa. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Samidin selaku wakil kepala sekolah bagian HUMAS SMK Perpajakan Riau sebagai wakil dari Kepala Sekolah yang berhalangan hadir pada hari itu. Menurut Bapak Samidin, pihak SMK Perpajakan sangat menyambut baik kegiatan ini, hal ini disampaikan oleh. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan banyak lulusan SMK yang berorientasi mencari kerja setelah lulus sekolah menjadi pembuka lapangan kerja dengan menjadi wirausaha (entrepreneur) yang handal. Kedepannya diharapkan setelah kegiatan ini, terbentukan karakter entrepreneur bagi siswa SMK Perpajakan Riau dan kegiatan ini juga menjadi jembatan untuk terjalinnya kerjasama antara pihak sekolah dan Universitas Lancang Kuning khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (ketua tim PKM).

Berita Lainnya

Index