Inspektorat Bengkalis Launching Aplikasi BESTIE

Inspektorat Bengkalis Launching Aplikasi BESTIE
Bupati Bengkalis Kasmarni menyaksikan pengesahan Aplikasi BESTIE yang nantinya dipergunakan oleh Inspektorat Bengkalis dalam menjalankan tupoksinya, Rabu (21/12/2022).(sukardi)

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM-Inspektorat Kabupaten Kabupaten Bengkalis melaunching aplikasi Bengkalis Sistem Tindak Lanjut Elektronik (BESTIE) dan sekaligus Gelar Pengawasan Daerah dan Pemutakhiran Data Tindakan Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemerintah Kabupaten Bengkalis tahun 2022, Rabu (21/12/2022) di Hotel Premier-Pekanbaru.

Launching Aplikasi BESTIE dibuka langsung Bupati Bengkalis Kasmarni. Saat itu juga dilakukan penandatanganan pengesahan aplikasi BESTIE oleh Bupati Bengkalis, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Kepala BPKP Riau, Inspektur Daerah Provinsi Riau, Inspektur Daerah Bengkalis dan Sekretaris Daerah Bengkalis.

Kasmarni mengatakan, aplikasi Bengkalis Tindak Lanjut Elektronik atau BESTIE ini, sebagai sebuah inovasi digitalisasi yang telah dilakukan Inspektorat Kabupaten Bengkalis, sebagai solusi cerdas dan praktis dalam mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kabupaten Bengkalis.

Guna mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemberian layanan.

"Untuk itu, apresiasi kami berikan kepada Inspektorat Kabupaten Bengkalis, kami minta aplikasi ini benar-benar di fungsikan sebagai sarana dalam melakukan percepatan penyelesaian tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK dan APIP pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis,"tuturnya.

Kemudian Kasmarni juga menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan Gelar Pengawasan Daerah Serta Pemutakhiran Data TLHP, merupakan agenda pengawasan yang menjadi salah satu instrumen untuk mengukur tingkat kinerja Perangkat Daerah dalam rangka percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau dan APIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Untuk itu kami juga menyambut baik dan apresiasi kepada Inspektorat Kabupaten Bengkalis telah melakukan kegiatan ini, dalam upaya untuk mengawal serta menilai sejauh mana efektivitas pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,"ujarnya.

Lanjut Bupati, pengawasan menjadi salah satu kunci suksesnya, dalam memberikan keyakinan yang memadai, pemberi peringatan dini dalam efektifitas manajemen resiko serta memelihara dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan.

Sementara itu Inspektur H. Radius Akima dalam sambutannya mengatakan, dengan penerapan aplikasi Bengkalis Tindak Lanjut Elektronik BESTIE, diharapkan Perangkat Daerah serta entitas lainnya, dapat dengan mudah mengakses informasi yang berkaitan dengan rekomendasi hasil pemeriksaan, serta persentase penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK dan APIP dapat meningkatkan dan semoga bermanfaat.

"Kami inspektorat Kabupaten Bengkalis terus melaksanakan pengawasan Intern sedini mungkin serta memperluas peran pengawasan   dengan  menitikberatkan pada fungsi penjaminan  mutu, fungsi konsultasi serta edukasi terkait perkembangan peraturan yang berlaku. Hal ini sesuai dengan instruksi Bupati Bengkalis Kasmarni,"ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir, Inspektur Daerah Provinsi Riau Sigit Juli Hendriawan.
Kemudian, Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY, serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Direktur RSUD Mandau, Direktur RSUD Bengkalis dan Direktur PDAM Bengkalis dan camat se- Kabupaten Bengkalis.(ra)

Berita Lainnya

Index