Tunda Bayar Tak Tuntas, Pemko Pekanbaru Terhutang Puluhan Miliar

Tunda Bayar Tak Tuntas, Pemko Pekanbaru Terhutang Puluhan Miliar
Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

PEKANBARU,BEDELAU.COM --Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, masih berupaya menyelesaikan hutang pada tahun 2023 ini. Pemerintah kota masih harus menyelesaikan tunda bayar kegiatan tahun 2021.
 

Pada tahun 2022 kemarin Pemko Pekanbaru belum mampu menyelesaikan seluruh tunda bayar yang nilai totalnya mencapai ratusan miliar rupiah. Setidaknya masih ada tersisa sekitar Rp70 miliar tunda bayar yang harus diselesaikan.

Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan bahwa pada tahun 2022 kemarin Pemko Pekanbaru sudah berupaya menyelesaikan sejumlah tunda bayar, termasuk membayar penuh tunjangan kinerja (Tukin) ASN.

"Karena hal ini masuk dalam program strategis bapak Pj walikota yang menjadi fokus utama sebagai pelayan masyarakat," katanya, Senin (2/1/2022).

Menurutnya, selain infrastruktur yang semakin berbenah, penyelesaian tunda bayar dan tukin ASN Pemko Pekanbaru menjadi perhatian. Ia mengaku tukin ASN Pemko Pekanbaru dibayarkan sebelas bulan dengan besaran 100 persen.

"Semua langkah kebijakan dan upaya yang dilakukan tentunya butuh proses dan dukungan dari semua lapisan masyarakat," ungkapnya.

Untuk tahun ini pemerintah kota juga berupaya untuk membayarkan tukin ASN secara penuh selama 12 bulan, tentunya seiring dengan PAD yang membaik. Karena pembayaran tukin tergantung kemampuan keuangan daerah.

Sebelumnya, Selasa (27/12) Indra mengatakan bahwa tunda bayar ini diupayakan akan diselesaikan pada tahun 2023 mendatang.

Pemerintah kota telah berupaya mengangsur menyelesaikan tunda bayar kegiatan tahun 2021, namun belum bisa diselesaikan secara keseluruhan. Jumlah tunda bayar kegiatan tahun 2021 ini sebelumnya mencapai Rp140 miliar.

Indra mengaku pemerintah kota telah berupaya menyelesaikan sekitar separuh dari total tunda bayar. Saat ini masih tersisa Rp70 miliar yang harus diselesaikan.

"Sekitar Rp70 miliar, mudah-mudahan di tahun 2023 tunda bayar ini selesai," pungkasnya. 

 

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index