Ketua PPK Rangsang Melakukan Monitoring Ke PPS Persiapan Rekrutmen Pantarlih

Ketua PPK Rangsang Melakukan Monitoring Ke PPS Persiapan Rekrutmen Pantarlih

MERANTI, RIAUREVIEW.COM--Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rangsang melakukan monitoring ke  seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerjanya, dalam prihal Rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang telah dibuka pada hari kamis 26 Januari 2023. Pantarlih merupakan badan ad hoc yang bertugas membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyelenggarakan pemilu. Senin (30/01/2023)

Dalam pelaksanaannya, pantarlih bertugas untuk melakukan pendataan dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan pemilu. Pantarlih dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Nantinya, setiap TPS memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU Kabupaten dan kota.

Adapun Pantarlih dapat berasal dari perangkat Kelurahan/Desa, Rukun Warga, Rukun Tetangga dan masyarakat.

Sedangkan, seleksi penerimaan Pantarlih dilakukan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon pantarlih.

Ketua PPK Rangsang mengingatkan kepada seluruh PPS Se-Kecamatan Rangsang dalam perekrutan patarlih harus benar-benar bersih dari partai politik dan memiliki integritas dalam menjalankan tugas." Terang Eko Sardono. (Ax)

Berita Lainnya

Index