Anggota PPS Meninggal Dunia Saat Bertugas, Ketua KPU Bengkalis Turut Berduka Cita

Anggota PPS Meninggal Dunia Saat Bertugas, Ketua KPU Bengkalis Turut Berduka Cita
Elmiawati Saparina.(dok)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Duka mendalam dirasakan oleh KPU Kabupaten Bengkalis,  Fiki Arafah salah seorang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Babussalam Kecamatan Mandau meninggal dunia.

Fiki Arafah bersama 129 orang lainnya baru saja dilantik KPU Bengkalis, Selasa 24 Januari 2023. Orang tua Fiki Arafah, Umar Senti mengatakan, Senin pagi Almarhum pamit hendak ke kantor lurah, namun sebelum berangkat pergi sarapan ke warung dekat rumah

"Tadi pagi mas Fiki pamit, hendak ke Kantor Lurah mau kerjakan pendaftaran. Saya kurang tau pendaftaran apa, namun sebelum berangkat mas Fiki pergi sarapan ke warung Deket rumah" ungkap ayah Fiki dengan nada sedih.

Umar Senti menambahkan beberapa saat setelah pergi sarapan tiba-tiba sepupu almarhum di telpon, agar menjemput Fiki di warung.

"Belum beberapa lama pergi sarapan mas, (Sepupu) ditelpon oleh Fiki, dia minta dijemput" Sesampai di warung melihat kondisi Fiki sudah lemah, Fiki katakan sarapan yang dimakannya seperti menyangkut di tenggorokan.

Karena kondisi demikian, Fiki dibawa kerumah sakit, oleh Ayah dan Bu lek (Endang) dan namun saat sampai di RS. Mutia Sari Fiki dinyatakan telah meninggal dunia.

"Waktu sampai di warung Fiki terlihat lemah, dia sempat bilang kayak ada yang nyakut di tenggorokan, kami akhirnya inisiatif bawa ke RS, namun sampai di sana Fiki di bilang meninggal" ucap Ayah Fiki setelah dari pemakaman.

Walau baru dilantik, anggota PPS memang sudah  langsung menghadapi pekerjaan yakni menerima pendaftaran Petugas Pendaftaran Pemutahiran Pemilih (PANTARLIH).

Raja Firdaus ketua PPS Kelurahan Babussalam menyampaikan, dia dan kedua anggota PPS termasuk Fiki Arafah memang sudah janjian untuk berjumpa mempersiapkan pandaftaran Pantarlih.

"Saya, Anto dan Almarhum emang janjian jumpa pagi tadi di kantor lurah, ya untuk penerimaan pantarlih yang diminta oleh KPU" ungkap Raja

Tak ada yang menduga pemuda 24 tahun ini meninggal secepat ini, karna malam sebelum  almarhum meninggal masih sempat jumpa dengan anggota PPS dan PPK di Kantor Lurah Duri Timur untuk mempersiapkan pendaftaran pantarlih dan pemetaan TPS

"Sudah 3 hari ini kami menerima pendaftaran Pantarlih di kantor Lurah, dan Fiki yang menerima  dan menyimpan berkas pendaftaran" ucap Raja biasa dia disapa.

Anggota PPK Kecamatan Mandau,  Hendra, Ayu Novila Sari dan Hifzil Maulana ketika menemui keluarga sesaat setelah ikut pemakaman almarhum di TPU Babussalam mengatakan. Pihak keluarga Fiki  menyerahkan tas yang biasa digunakan Fiki untuk bekerja, dalam tas ditemukan beberapa berkas pendaftaran peserta pantarlih yang telah di terima oleh PPS kelurahan Babussalam.

"Ibu Fiki serahkan tas yang biasa almarhum gunakan, kami temukan berkas pendaftaran pantarlih, dan tadi sudah izin untuk mengambil berkas tersebut"ungkap Hifzil anggota PPK Pokja Hukum dan Pengawasan.

Meninggal nya Fiki Arafah tentunya membuat sedih dan duka keluarga besar KPU Bengkalis, khusunya PPK dan PPS Se Kecamatan Mandau, dan bisa  tentunya menjadi perhatian oleh semua pihak.

Namun tahapan Pemilu serentak tahun 2024 akan terus dilaksanakan oleh penyelenggara Pemilu demi mensukseskan gelaran 5 tahun ini.

Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Elmiawati Saparina, Selasa (31/1/2023) saat dihubungi media ini mengutarakan hal senada, KPU Bengkalis sangat berduka atas meninggalnya Anggota PPS Babussalam, Kecamatan Mandau.

“Tentu kami turut berduka atas meninggalnya saudara Fiki, selaku Anggota PPS. Namun, tentunya kami juga akan segera menyikapi dan mengambil langkah. Sebagaimana diketahui, almarhum baru saja dilantik dan langsung melaksanakan tugas menerima pendaftaran Petugas Pendaftaran Pemutahiran Pemilih (PANTARLIH),”ujar Elmiawati Saparina.

Diutarakan Elsa, panggilan akrab Ketua KPU Bengkalis ini, tahapan Pemilu sudah berjalan, maka KPU Bengkalis akan mengambil langkah, untuk segera mengisi jabatan melalui PAW nantinya.

“Kita akan ambil langkah, sesuai proses. Tentunya nantinya bersama PPK, untuk menyelesaikan hal ini. Tapi, yang paling utama hari ini kami sangat berduka atas hal ini,”ujarnya.(ra)

 

Berita Lainnya

Index