Bupati Bengkalis Hadiri Peluncuran Kirab Pemilu 2024

Bupati Bengkalis Hadiri Peluncuran Kirab Pemilu 2024
Bupati Bengkalis diwakili Asisten I Andris Wasono mengikuti peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024, Selasa (14/2/2023) di Kantor KPU Kabupaten Bengkalis.(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Mewakili Bupati Bengkalis Asisten I Andris Wasono mengikuti pelaksanaan peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024 atau setahun menuju hari pemungutan suara, secara live streaming, Selasa (14/2/2023) di Kantor KPU Kabupaten Bengkalis.

Pelaksanaan Kirab Pemilu tahun 2024 itu, diluncurkan langsung Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Hasyim Asy'ari. Sekaligus membacakan deklarasi pemilu sebagai integritas bangsa dan melepaskan Tim Kirab yang akan mengawal bendera partai politik serta para peserta pemilu tahun 2024. Dengan tema "Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota".

Peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024 ini dilakukan secara estafet, dimulai hari ini tanggal 14 Februari 2023 dari 7 provinsi, pertama Provinsi Banda Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Papua, pelaksanaan Kirab Pemilu ini akan berakhir di Kantor KPU Jakarta pada tanggal 25 November 2023.

Hasyim mengatakan, tujuan peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024 ini, untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan partai politik serta para peserta pemilu tahun 2024 dengan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Kemudian melalui Kirab Pemilu ini juga akan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai proses tata cara teknis penyelenggaraan pemilu tahun 2024  mendatang. Serta sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat baik itu kualitas maupun kuantitas.

"Pelaksanaan Kirab Pemilu ini sebagai bentuk penyegaran semangat kita dalam upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang bersih, sehat dan kondusif,"pungkasnya.

Sementara itu Asisten I Andris Wasono, ketika usai mengikuti acara peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024 secara daring itu, ia mengatakan pelaksanaan pesta demokrasi pada tahun 2024 mendatang, merupakan kegiatan demokrasi terbesar di Indonesia.

Maka kepada seluruh pihak yang terlibat pada pelaksanaan pemilu tersebut, diminta untuk melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya. Supaya penyelenggaraan pemungutan suara di Kabupaten Bengkalis dapat dilakukan dengan aman, lancar dan sukses.

"Pemkab Bengkalis mendukung atas peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024, yang hari mulai dilakukan di 7 titik atau provinsi yang ada di Indonesia, tentunya kita berharap dengan adanya Tim Kirab Pemilu ini dapat membantu, memudahkan dan mengawal penyelenggaraan pemungutan suara baik itu pemilu maupun pilkada,”ujarnya.

Selain Asisten I Setda Bengkalis, juga Ikut menonton pelaksanaan peluncuran Kirab Pemilu 2024, Ketua KPU Bengkalis beserta jajarannya, Ketua Bawaslu Bengkalis serta para Forkopimda di lingkungan Pemerintah Bengkalis.(ra)

Berita Lainnya

Index