Tugu Selais, Salah Satu Ikon Kota Pekanbaru di Jalan Sudirman Ambruk

Tugu Selais, Salah Satu Ikon Kota Pekanbaru di Jalan Sudirman Ambruk

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Tugu Selais Tiga Sepadan, salah satu ikon Kota Pekanbaru yang berada di Jalan Sudirman, tepatnya di depan kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru ambruk, Kamis (23/2/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Hendra saat dikonfirmasi mengatakan jika pihaknya memang sudah mendapatkan laporan terkait hal tersebut.

"Kita sudah dapat laporan di lapangan terkait adanya bagian dari Tugu Selais yang patah," ujar Hendra  Kamis (24/2/2023).

Ia mengatakan terkait robohnya Tugu Selais ini selain karena memang umur tugu yang sudah tua, juga karena beberapa hari terakhir angin sangat kencang dan hujan cukup deras.

"Sehingga mungkin karena usia juga jadinya Tugu Selais-nya ada yang patah. Sekarang ini kita sudah lakukan evakuasi untuk bagian yang patah itu dan kita bawa ke kantor DLHK tepatnya di Dinas Pertamananan untuk dilakukan perbaikan," ucapnya.

"Kita akan segera panggil tukang las ya dan segera kita perbaiki lagi untuk selanjutnya mudah-mudahan secepatnya bisa dipasang kembali," pungkasnya.

Sebagai informasi Tugu Selais Tiga Sepadan ini dibangun di era Kepemimpinan Walikota Pekanbaru, Drs H Herman Abdullah MM.

Peresmiannya pun dilakukan oleh Herman Abdullah pada hari Kamis 14 Juli 2011 silam.

Tugu tersebut berbentuk tiga ekor ikan Selais seperti berpelukan.

Ikan yang memiliki nama latin Kryptopterus lais ini merupakan salah satu fauna khas Provinsi Riau.

Tugu Selais ini memiliki makna menggambarkan karakter masyarakat Melayu Provinsi Riau yang hidup dalam kerukunan dan kedamaian serta menanamkan kasih sayang di setiap tindakan dan pergaulanya.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index