Dompet Dhuafa Bagikan Paket Gizi Sehat untuk Anak-anak Stunting di Pulau Penawar Rindu

Dompet Dhuafa Bagikan Paket Gizi Sehat untuk Anak-anak Stunting di Pulau Penawar Rindu

KEPULAUAN RIAU,RIAUREVIEW.COM -- Dompet Dhuafa Cabang Kepulauan Riau membagikan paket makanan bergizi bagi masyarakat Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, pada Rabu (15/3/2023). Simbolisasi serah terima paket dilakukan di Puskesmas Belakang Padang, Pulau Penawar Rindu, dengan dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Pemerintah Kecamatan, dan juga para kader posyandu.

Program ini merupakan lanjutan program Jaga Gizi Anak Pulau Sehat yang telah berlangsung sejak Bulan Juli 2022 lalu oleh Dompet Dhuafa Kepri.

Isi paket makanan yang diberikan ini sesuasi dengan rekomendasi ahli gizi Puskesmas Belakang Padang yang juga disesuaikan dengan kasus serta umur masing-masing balita. Sehingga masing-masing penerima manfaat mendapatkan isian paket yang berbeda-beda. Di antara salah satu peket berisi telur, susu bubuk, biskuit, agar-agar rumput laut, kacang hijau, dan beras.

Menurut Kapus Syamsul Rizal, Kecamatan Belakang Padang ini menjadi salah satu yang mengalami tingkat prevalensi stunting yang tinggi di Batam. Maka itu, ia begitu berterima kasih kepada para donatur Dompet Dhuafa yang turut peduli dengan keadaan gizi anak di lingkungannya.

Ia juga berpesan kepada warganya, khususnya kepada para penerima manfaat untuk tidak hanya memperhatikan pola makan anak, namun juga pola asuh anak. Terlebih.

"Kepada ibu-ibu yang anakanya terindikasi gizi kurang dan buruk, mudah-mudahan ke depannya jauh lebih baik kesehatan anaknya dan berusahalah untuk mendidik mereka sensuai dengan pola asuh yang benar sesuai umurnya," tuturnya.

Di wilayah ini, mayoritas pekerjaan masyarakat adalah nelayan dan berdagang. Tak jarang kesibukannya menjadikannya lalai dalam memperhatikan pola asuh dan pola makan anak-anaknya.

Di samping itu, Manager Program Dompet Dhuafa Kepulauan Riau, Muhammad Izzuddin Al Hafizh mengatakan, "Semoga ini menjadi pintu kolaborasi bagi semua pihak untuk bersama dapat menyelesaikan masalah stunting baik di Kecamatan Belakang Padang, di Batam, maupun secara nasional".

Upaya Dompet Dhuafa ini mendapatkan apresiasi yang bagi oleh Kecamatan Belakang Padang. Muhammad Yamin, mewakili Pak Camat mengatakan bahwa permasalahan gizi (stunting) ini sudah menjadi isu nasional. Pihak kecamatan sangat berterima kasih kepada Dompet Dhuafa dan juga Puskesmas Kecamatan Belakang Padang yang sudah membantu dalam upaya penyelesaian masalah stunting.

“Kecamatan siap mendukung dan menfasilitasi, memberikan sumbangsih fikiran serta menganggarkan untuk program penyelesaian stunting," ucapnya memberikan semangat.

Dompet Dhuafa juga kemudian mendatangai salah satu penerima manfaat program ini. Tim beranjak mengapiri rumah Yolanda Putri Febriani di Kampung Jawa, RT 01 RW 01, Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakang Padang. Anaknya, yaitu Chayra Yofizia saat ini berusia 1 tahun  9 bulan. Saat itu, ananda Chayra mengalami penghambatan pertumbuhan. Namun, saat ini ia sudah hampir mampu mengejar angka pertumbuhan dan perkembangan yang ideal sebagaimana umurnya saat ini..

Ia mengaku mendapatkan bantuan dari program Jaga Gizi Anak Pulau Sehat Bulan Juli 2022 lalu. “Terima kasih Dompet Dhuafa dan juga para donatur yang peduli sama kami. Sekarang anak saya sudah mau ngejar pertumbuhan,” ujarnya kepada Dompet Dhuafa menitipkan salah kepada donatur.
 

TENTANG DOMPET DHUAFA
 

 Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.  
 

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi :
 

U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285827253243), Fatzry (+6282122182919)
 

Public Relation Dompet Dhuafa
 

Philanthropy Building
 

Jl. Warung Jati Barat No.14

Jakarta Selatan 12540

 

 

Berita Lainnya

Index