Tagboat TB Maju Daya 87 Tabrak Kapal Kayu Nelayan di Selat Bengkalis

Dihari Ketiga Pencarian, Idrus Ditemukan Tewas Mengapung

Dihari Ketiga Pencarian, Idrus Ditemukan Tewas Mengapung
Mayat korban tenggelam yang ditemukan masyarakat nelayan dan tim pencarian korban tenggelam akibat kapal nelayanan ditabrak Tagboat, Kamis (6/4/2023).(sukardi))

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM-Selama tiga hari dinyatakan hilang dan tenggelam, akhirnya korban  kecelakaan kapal, yang bertabrakan di Selat Bengkalis, Kamis (6/4/2023) ditemukan. Idrus (61) warga Desa Penebal ditemukan terbawa arus di perairan Ketam Putih.

Laka laut antara kapal nelayanan dengan Tagboat TB Maju Daya 87 merenggut nyawa Idrus, sedangkan satu korban rekannnya Adi Masrul Nasri (36) selamat dari laka laut, yang terjadi Selasa (4/4/23) pukul 15.15 WIB.

Hal itu dibenarkan Kalaksa BPBD kabupaten Bengkalis, Sufandi, Kamis (6/4/2023). Ia mengatakan, tim gabungan telah menemukan korban tenggelam atas nama Idrus warga Desa Penebal, Dusun Penebal Tengah, RT 05, RW 02, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

“Pada pukul 08.00 Wib Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Basarnas, TNI, Polri juga masyarakat melakukan penyisiran di sekitar perairan Ketam Putih dan korban ditemukan terapung dan tim langsung menuju lokasi dan membawa korban tenggelam tersebut ke rumah duka di desa Penebal,” kata Sufandi kepada media ini.

Dikatakannnya, korban laka laut ditemukan diperairan Ketamputih, saat ditemukan korban mengambang. Kala itu, korban ditemukan oleh nelayan yang sedang melaut, Kamis (6/4/2023) pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

Penemuan korban, tim langsung menuju lokasi dan membawa jenazah korban ke pelabuhan desa Ketamputih dan dijemput TNI, Polri dan BPBD serta Damkar.

"Korban dibawa menggunakan mobil pick-up koramil 01 bengkalis,langsung menuju rumah korban,setelah dirumah, pihak dari polres Bengkalis melakukan visum dirumah duka untuk penyelidikan,"ujarnya.

Menurut informasi yang diperoleh dilapangan, musibah itu terjadi saat Kapal Tagboat TB Maju Daya 87 sedang melaju di alurnya dengan menggandeng Tongkang bermuatan kontainer, Selasa.(4/4/2023) lalu. Disaat bersamaan perahu nelayan sedang menebar jaring di alur tersebut.

Tagboat TB Maju Daya 87 dari jauh sudah memantau perahu nelayan tersebut dan memperlambat kecepatan Tagboat TB Maju Daya 87 dan juga memberikan peringatan dengan membunyikan Horn (kelakson kapal) tapi perahu nelayan tersebut masih tetap berada di tengah belum bergerak.

Dengan insiatif TB Maju Daya 87 bergerak ke sisi kiri alur agar perahu nelayan ke sisi kanan tapi jaring masih melintang di tengah alur ke arah sisi kiri. TB Maju Daya 87 bergerak kembali ke arah kanan agar tidak terjadi tabrakan namun tongkang masih bergerak lurus ke arah sisi kiri dan kapal TB Maju Daya 87 masih mengarah ke arah sisi kiri karena tidak memungkinkan akan terjadi tali Towing kapal akan mengikat kapal mengakibatkan terbalik.

Selanjutnya laju tongkang tidak bisa terkendali akhirnya haluan tongkang menabrak perahu nelayan dan terbalik. Perahu nelayan tersebut ada 2 orang posisi satu di depan dan satu lagi di belakang perahu. Pada saat perahu terbalik satu orang di atas perahu meloncat memegang tali Towing dan satu tetap di atas perahu.

Kemudian TB Maju Daya 87 melepas tali Towing dan menuju ke arah perahu nelayan ditemukan satu selamat atas nama Adi Masrul Nasri (36) dan satu belum ditemukan Idrus (61) kedua warga Desa Penebal Bengkalis.(ra)

Berita Lainnya

Index