Ada Plang Pengacara di Kawasan Hutan Kampar

Ada Plang Pengacara di Kawasan Hutan Kampar
Plang dilarang masuk di Kawasan hutan di Desa Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Riau/FOTO RIAUTUAL.COM

RIAUREVIEW.COM --Kawasan hutan di Desa Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Riau, dirambah.

Tim gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, bersama Polres Kampar, sudah mengamankan alat berat dugaan milik perambah hutan di kawasan tersebut.

"Benar. Kami ada melakukan kegiatan pengamanan kegiatan DLHK Riau terkait adanya alat berat yang masuk kawasan hutan," kata Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja, Sabtu (30/9/2023).

AKBP Ronald menjelaskan bahwa pengerahan personel Polres Kampar berdasarkan permintaan DLHK Riau.

Dalam surat permintaan pengamanan yang diterima Polres Kampar, disebutkan bahwa pihak DLHK Riau menerima laporan terkait dugaan perusakan dan perambahan kawasan hutan dengan menggunakan alat berat excavator yang diduga tanpa izin.

Perbuatan sekelompok orang yang merambah hutan menggunakan alat berat itu dinilai melanggar undang-undang.

Maka dari itu, pihak DLHK Riau, meminta Polres Kampar mengerahkan personel bantuan untuk pengamanan alat berat yang digunakan untuk melakukan perusakan dan perambahan kawasan hutan.

"Kalau kami sifatnya membantu pengamanan di lokasi. Selebihnya konfirmasi ke DLHK Riau," sebut Ronald.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penaatan dan Penataan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Alwamen juga membenarkan pihaknya melakukan penindakan alat berat perambah hutan di Desa Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar.

"Iya benar. Namun, saat itu unitnya (ekskavator) rusak nggak bisa dibawa," ungkap Alwamen.

Alwamen tidak menjelaskan apakah ada orang yang bertanggungjawab atas perambahan itu yang ditangkap atau diperiksa.

Meski sudah dipastikan kawasan hutan oleh aparat penegak hukum, saat ini pihak perambah masih nekat memasang plang di hutan yang sempat dirambah.

Plang yang terpasang di kawasan hutan di Desa Koto Garo, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, saat ini bertuliskan Kawasan ini di bawah pengawasan Kantor Advokat Armilis Ramaini dan rekan Dilarang masuk tanpa izin.

 

 

 

SUMBER: RIAUAKTUAL.COM

Berita Lainnya

Index