WhatsApp akan Hadirkan Fitur AI, Bisa Diajak Ngobrol hingga Bikin Stiker

WhatsApp akan Hadirkan Fitur AI, Bisa Diajak Ngobrol hingga Bikin Stiker
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --WhatsApp akan kedatangan sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam waktu dekat. Fitur-fitur baru ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg dalam gelaran Meta Connect 2023.

Dalam postingan blognya, WhatsApp menjelaskan akan ada tiga fitur utama berbasis AI yang akan hadir di platform-nya. Tiga fitur tersebut adalah stiker AI, chat AI, dan Photorealistic Image Generation.

Semua fitur AI yang akan hadir di WhatsApp (dan aplikasi milik Meta lainnya) ditenagai oleh Llama 2, model AI open-source yang diperkenalkan Meta pada Juli lalu. Model ini dirancang untuk menciptakan teks dan kode berdasarkan prompt dalam bentuk teks yang diberikan oleh pengguna.

WhatsApp menjelaskan fitur chat AI akan memungkinkan pengguna bercakap-cakap dengan asisten AI Meta. Meta mencontohkan pengguna bisa meminta AI untuk membantu merencanakan liburan, menjawab pertanyaan umum, dan menjelajahi internet dengan bantuan Microsoft Bing.

Pengguna bisa memanggil asisten AI Meta untuk kemudian memberikan prompt dalam bentuk teks. WhatsApp menegaskan mereka tidak akan bisa membaca pesan yang dikirimkan pengguna kepada AI.

"AI dapat membaca pesan yang dikirimkan kepada mereka, tapi pesan pribadi kalian tetap dilindungi enkripsi end-to-end, jadi tidak ada orang lain, termasuk Meta, yang dapat melihatnya," kata WhatsApp dalam postingan blognya, seperti dikutip detikINET, Ahad (1/10/2023).

Meta juga akan menghadirkan 28 karakter AI dengan kepribadian masing-masing. Untuk menghadirkan karakter ini, Meta menggandeng sejumlah public figure dan influencer, seperti YouTuber MrBeast, model Kendall Jenner, sosialita Paris Hilton, dan masih banyak lagi.

Selain diajak ngobrol, asisten AI Meta juga akan bisa menghasilkan gambar yang fotorealistik hanya bermodalkan prompt dalam bentuk teks, mirip seperti image generator lainnya termasuk Dall-E dan Midjourney.

Asisten AI Meta akan tersedia untuk beta tester di Amerika Serikat dalam waktu dekat. Fitur ini akan hadir di aplikasi Meta seperti WhatsApp, Messenger, Instagram, kacamata pintar Ray-Ban, dan headset VR Quest 3.

Tidak hanya membuat gambar, AI juga akan bisa membantu pengguna membuat stiker di WhatsApp. Fitur ini ditenagai oleh image generator model bernama Emu yang diklaim Meta bisa menghasilkan stiker berkualitas tinggi dalam hitungan detik.

Untuk menciptakan stiker AI, pengguna cukup memasukkan prompt dalam bentuk teks di kolom yang tersedia. Dalam presentasinya, Zuckerberg mencontohkan prompt yang nyeleneh seperti 'anjing gembala Hungaria mengendarai mobil 4x4.'

Fitur ini akan digulirkan untuk pengguna berbahasa Inggris terpilih mulai bulan depan. Pengguna WhatsApp, Messenger, Instagram, dan Facebook Stories yang terpilih akan bisa menjajal fitur baru ini.

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM 

Berita Lainnya

Index