Cari Aman dengan Ban Bertapak Lebar, Ini Penjelasan Instruktur PT CDN

Cari Aman dengan Ban Bertapak Lebar, Ini Penjelasan Instruktur PT CDN
Foto: Klikmx.com

RIAUREVIEW.COM --Penggunaan ban bertapak lebar belakangan ini sedang digandrungi para bikers. Selain tampak stylish, penggunaan ban bertapak lebar membuat sektor kaki-kaki sepeda motor terlihat lebih gagah dan berisi. Penggunaan ban tapak lebar dapat diambil contoh pada sepeda motor skutik All New Honda Vario 160 yang menggunakan velg dan ban tapak lebar. 

Lalu apa aja keuntungan atau benefit yang didapatkan ketika berkendara menggunakan ban dengan tapak lebar?

Berikut penjelasan dari instruktur safety riding, Arif Rahman Hakim dari PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Riau terkait keuntungan ban bertapak lebar.

Pertama, terlihat pada sektor kaki-kaki nya Honda Vario 160 menggunakan ban dan velg lebar menggunakan ukuran ban depan 100/80 – 14 dan ban belakang 120/70 – 14. Dengan ukuran ban yang lebih lebar inilah membuat daya cengkram ban ke aspal jadi lebih baik sehingga pengguna semakin nyaman saat berkendara.

Kedua, ketika berkendara menggunakan sepeda motor yang sudah menggunakan velg dan ban dengan diameter lebih lebar pengendara dapat merasakan stabilitas dan handling saat berkendara bahkan saat bermanuver. Benefit yang didapat yaitu, jelas terasa saat menikung menggunakan ban tapak lebar lebih stabil sehingga mengurangi kekhawatiran ban selip saat menikung.

Ketiga, handling sepeda motor lebih aman dan nyaman serta stabil saat bermanuver, hal ini disebabkan oleh permukaan ban yang lebih banyak menyentuh aspal sehingga daya cengkram ke aspal lebih besar motor lebih mudah dikendalikan serta mampu memberikan kenyamanan lebih dari sisi kestabilan melakukan manuver.

Kemudian dia menjelaskan, kenyamanan dan keselamatan saat berkendara menggunakan sepeda motor adalah hal yang paling utama. Dengan adanya sepeda motor yang mengusung velg dan ban bertapak lebar ini, harapannya pengguna dapat merasakan sensasi berkendara yang lebih aman, nyaman, terlihat sporty dan memiliki pengalaman menyenangkan saat berkendara. Selain itu bagi pengendara yang ingin meningkatkan skill dan kemampuan memprediksi bahaya dapat mengikuti training safety riding yang diadakan Honda.

Secara pribadi saya lebih menyukai kendaran dengan ban sedikit lebih besar atau bertapak Lebar, bukan hanya dari keuntungan yang sudah dijelaskan tapi tampak lebih kokoh juga. “Jangan lupa selalu #Cari_aman dalam berkendara”, tutup Arif. ***

 

 

 

Sumber: klikmx.com

Berita Lainnya

Index