Pemko Pekanbaru Buat Konsep Baru Pengganti Gedung MPP

Pemko Pekanbaru Buat Konsep Baru Pengganti Gedung MPP
Alat berat masih bekerja membersihkan reruntuhan eks gedung MPP Pekanbaru (FOTO: RIAUAKTUAL.COM)

RIAUREVIEW.COM  --Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, tengah membuat konsep bangunan baru pengganti eks gedung utama MPP Pekanbaru yang terbakar Maret 2023 lalu. Lokasi ini bakal dirubah dan di desain ulang mengikuti rencana pembangunan.

Rencananya, ada perubahan tata letak dan dibangun kembali gedung MPP beserta ruang publik. Namun, rencana pembangunan tetap menanti hasil Focus Grup Discussion (FGD) Pemko bersama sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi.

"Dinas PUPR sedang membuat rencana berkaitan dengan masterplan pengembangan MPP kedepan," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis (2/11).

Ia menuturkan, Dinas PUPR Pekanbaru tengah membuat beberapa konsep pembangunan. Beberapa desain nantinya bakal dibawa ke FGD untuk dipilih konsep mana yang akan digunakan.

Beberapa desain yang telah dibuat Dinas PUPR bakal dimusyawarahkan untuk arah pembangunan di bekas gedung MPP Pekanbaru yang terbakar.

"Beberapa desain bekas lokasi kebakaran akan kita musyawarahkan dengan tokoh masyarakat. Kedepan baiknya jadi apa, apakah ruang terbuka hijau, bangunan gedung MPP dimana kita bangunan. Ini sedang di konsep," terangnya.

Indra menyebut, proses pembongkaran gedung yang terbakar masih berlangsung. Prosesnya hampir rampung karena seluruh bangunan sudah roboh. Saat ini tinggal pembersihan di sekitar lokasi bangunan.

"Setelah diratakan, itu nanti kita kosongkan dulu. Saat ini masih pembersihan," ulasnya.

Untuk proses pembangunan belum bisa ditentukan kapan bakal dimulai. Pasalnya, Pemko Pekanbaru tidak memasukkan anggaran untuk pembangunan lokasi tersebut ke APBD 2024.

Anggaran yang terbatas masih jadi kendala untuk keberlangsungan pembangunan. Namun, rencananya pemko meminta bantuan anggaran ke Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah pusat untuk pengembangan MPP Pekanbaru ini. 

 

 

 

SUMBER: RIAUAKTUAL.COM

Berita Lainnya

Index