Berobat Di Puskesmas Meningkat Pasca UHC Diluncurkan

Berobat Di Puskesmas Meningkat Pasca UHC Diluncurkan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih (FOTO RIAUAKTUAL.COM)

RIAUREVIEW.COM --Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengevaluasi program Universal Heatlh Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan gratis yang diluncurkan sejak Juli 2023 kemarin. Pemko mengevaluasi layanan yang telah diberikan ke warga.

Terdata, ribuan warga Kota Pekanbaru sudah menikmati layanan kesehatan lewat program UHC sejak diluncurkan. Warga Pekanbaru mengakses layanan berobat gratis mulai dari puskesmas hingga ada yang dirujuk ke rumah sakit.

Apalagi fasilitas layanan gratis ini sudah terintegrasi dengan sejumlah fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta. Pasien yang mengakses puskesmas mengalami peningkatan kunjungan.

"Jumlah pasien harian membludak hampir merata di 21 puskemas yang ada di Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (22/11).

Ia menuturkan, rata-rata peningkatan jumlah pasien di puskesmas mencapai sepuluh persen. Ada Puskesmas yang menerima pasien dalam sehari berkisar 100 hingga 150 orang di seluruh puskesmas.

"Bahkan ada si sejumlah puskesmas yang melayani dua ratus hingga dua ratus lebih pasien dalam sehari," terang Bob, sapaan akrabnya.

Dari evaluasi, ada sejumlah puskemas mengeluhkan karena terbatasnya dokter maupun tenaga kesehatan. Keterbatasan ini terjadi karena pada saat bersamaan puskemas sedang menjalani proses akreditasi.

Zaini menilai meningkatnya jumlah pasien bukanlah prestasi. Ia mendorong agar ada upaya promosi kesehatan sebagai cara promotif dan preventif mencegah gangguan kesehatan.

Upaya ini diharapkan dapat mencegah angka masyarakat yang terserang penyakit. Mereka juga harus mencegah meningkatkannya angka mortalitas atau kematian di sekitar puskemas akibat penyakit.

"Inilah yang mesti dilakukan oleh kepala puskemas, jangan bangga kalau banyak pasien. Justru mungkin program promkes kita belum optimal," ungkapnya.

Dalam program UHC, ada 144 jenis penyakit yang ditanggung untuk layanan ini. Masyarakat Pekanbaru bisa berobat secara gratis hanya dengan menunjukkan KTP ke fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS. 

 

 

 

 

SUMBER: RIAUAKTUAL.COM

Berita Lainnya

Index