Dishub Terkesan Biarkan Parkir Liar Menjamur di Pekanbaru

Dishub Terkesan Biarkan Parkir Liar Menjamur di Pekanbaru

RIAUREVIEW.COM --Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru kembali mendapatkan sorotan dari masyarakat karena terkesan membiarkan kendaraan parkir di sejumlah tempat yang dilarang.

Sebut saja seperti di Hang Tuah, kemudian juga yang selalu menjadi sorotan banyak masyarakat adalah di samping RSUD Arifin Achmad tepatnya di Jalan Diponegoro.

Hal ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Namun hingga kini masih belum ada langkah tepat yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan untuk mengatasi hal tersebut. Upaya penggembosan ban juga pernah dilakukan, tapi ternyata hal tersebut tak membuat pengendara jera.

Ditambah lagi saat ini Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Dishub Pekanbaru Radinal Munandar juga tengah menjalani pendidikan di pulau Jawa. Sehingga saat ini Kepala UPT hanya dijabat oleh Plh. Hal ini semakin membuat parkir di Pekanbaru terkesan tak diurus.

Pantauan CAKAPLAH.COM Jumat (24/11/2023), banyak sekali kendaraan yang memarkirkan kendaraan di sepanjang jalan Diponegoro tepatnya di samping RSUD Arifin Achmad. Bahkan sampai ke arah Jalan Hang Tuah kendaraan banyak terparkir di sana. Padahal sudah jelas ada rambu-rambu parkir di sana.

Selain itu, memang ada spanduk larangan juga di sana, namun nyatanya hal tersebut tak membuat pengendara merasa takut untuk memarkirkan kendaraan di lokasi tersebut. Pengawasan yang kurang dari Dinas terkait dianggap menjadi penyebab hal tersebut.

"Namanya juga cuma rambu, biar sajalah. Kecuali ada petugas yang ada disana jaga baru kita takut dan tak parkir disitu," ujar Eza salah seorang warga yang ditemui di lokasi.

Ia mengatakan memang pernah dilakukan razia sampai penggembosan, namun itu hanya sesekali saja. Nyatanya masyarakat pun tak merasa jera.

"Tempatkan lah personel di sini. Di lokasi yang rawan parkir liar. Apa salahnya menempatkan 2 orang di titik yang rawan, pasti tak ada yang berani. Memang dasar orang dinasnya aja yang malas mungkin," tegasnya.

Hal senada disampaikan Arta, warga lainnya yang juga ditemui di lokasi. Dirinya menilai Dishub hanya sibuk mengurusi uang masuk parkir saja, tapi tak peduli dengan banyaknya parkir liar seperti ini.

"Kalau uang masuk cepat, ini masak ginian aja gak selesai-selesai dari dulu. Entah udah dari kapan ini, masih juga gak selesai. Asik ngitung duit parkir aja mungkin," keluhnya.

Plh UPT Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Khairunnas saat dihubungi CAKAPLAH.COM mengatakan pihaknya akan turun ke lokasi pada hari Senin (27/11/2023) mendatang.

"Insya Allah hari Senin kita akan turun ke lapangan dengan anggota dan juga bawa Surat Perintah Tugas (SPT)," ujar Khairunnas, Jumat (24/11/2023).

Ia mengatakan pihaknya akan langsung turun ke titik-titik tersebut.

"Kita akan coba merapikan semuanya lagi. Spanduk juga sudah dicetak. Kita bikin spanduk lagi. Anggota akan kita turunkan juga di sepanjang Diponegoro itu. Akan kita tempatkan mereka di sana," pungkasnya.

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index