Prioritaskan Infrastruktur, APBD Murni 2024 Provinsi Riau Disahkan Rp11,2 Triliun

Prioritaskan Infrastruktur, APBD Murni 2024 Provinsi Riau Disahkan Rp11,2 Triliun
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni tahun 2024 sebesar Rp11,2 triliun, Rabu (29/11/2023).

Usai rapat paripurna pengesahan, Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau Kelmi Amri mengatakan, jumlah itu meningkat sekitar Rp400 miliar dibanding tahun 2023 dengan nilai Rp10,8 triliun.

Setelah disahkan, draft APBD Murni 2024 ini akan melalui tahapan evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Ia berharap, evaluasi yang dilaksanakan oleh Menteri Dalam Negeri dapat diselesaikan dalam waktu secepatnya.

"Sehingga proses pembangunan di Riau dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama," kata Kelmi Amri.

Sementara itu, untuk program yang difokuskan pada APBD 2024 Provinsi Riau, tetap menyelaraskan dengan program prioritas sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Tetap prioritasnya ke infrastruktur sekitar 43 persen, kemudian belanja pegawai kita di 20 sekian persen. Kita tentu akan menyelesaikan persoalan-persoalan yang mendesak, terkhusus persoalan jalan," katanya.

Ia berharap, nantinya, Pemprov Riau bisa bergerak cepat dalam melaksanakan anggaran terutama pembangunan infrastruktur yang sudah direncanakan.

"Kita berharap Pemprov bergerak lebih cepat karena beberapa ruas jalan provinsi dalam keadaan sangat memprihatinkan. Ini kan sudah disahkan, semoga tak ada kendala lagi lah," kata Kelmi.

Di dalam Rancangan APBD Provinsi Riau Tahun Anggaran 2024, untuk pendapatan daerah direncanakan senilai Rp10 triliun. Sedangkan, untuk kebutuhan belanja daerah selama Tahun Anggaran 2024 direncanakan senilai Rp11 triliun.

Secara garis besar, terdapat defisit. Namun, defisit itu akan ditutupi dari penerimaan pembiayaan sebesar Rp800 miliar yang bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa).

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index