Bertambah Ratusan Kasus, HIV Meningkat di Pekanbaru

Bertambah Ratusan Kasus, HIV Meningkat di Pekanbaru
Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih/FOTO: RIAUAKTUAL.COM

RIAUREVIEW.COM --Penularan kasus HIV dan AIDS masih menjadi ancaman serius bagi warga Kota Pekanbaru. Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat kasus HIV di kota ini pun mengalami peningkatan dibanding tahun 2022 lalu.

Data dari Diskes Kota Pekanbaru, kasus HIV di tahun 2023 mencapai 359 kasus. Sedangkan tahun 2022 kasus HIV sebanyak 255 kasus.

Terjadi peningkatan 104 kasus dibanding tahun lalu. Kondisi ini mengkhawatirkan sehingga harus ada upaya menekan penularan kasus HIV.

"Meningkatnya penularan HIV di Kota Pekanbaru tentu harus jadi perhatian kita bersama," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (3/12).

Ia menuturkan, bahwa kasus HIV memang mengalami peningkatan. Namun kasus AIDS tahun ini di Kota Pekanbaru cendrung menurun dibanding tahun 2022.

Zaini merinci, kasus AIDS di Kota Pekanbaru tahun ini sebanyak 111 kasus. Sedangkan pada tahun lalu kasus AIDS sebanyak 178 kasus.

"Kalau kasus AIDS mengalami penurunan sebanyak 67 kasus," terang Zaini.

Ia menyebut bahwa penanggulangan HIV/AIDS bakal terus dilakukan sehingga butuh peran serta seluruh instansi terkait. Ia menilai semua pihak punya peran dalam mencegah penyebaran HIV.

Pihaknya telah menyediakan layanan Kesehatan untuk penanggulangan HIV/AIDS termasuk pengobatan. Layanan itu tersedia di rumah sakit maupun puskesmas.

Lembaga peduli AIDS beserta kader masyarakat juga diharapkan dapat terus meneruskan upaya penanggulangan AIDS dengan memberikan informasi secara benar. Mereka dapat mengajak kelompok yang rentan untuk dapat mengetahui status HIV melalui pemeriksaan atau tes HIV. 
 

 

 

SUMBER: RIAUAKTUAL.COM

Berita Lainnya

Index