Pemko Pekanbaru Gerak Cepat Lakukan Upaya Antisipasi Kelangkaan Pangan

Pemko Pekanbaru Gerak Cepat Lakukan Upaya Antisipasi Kelangkaan Pangan
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Pasca terjadinya erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar), Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru langsung bergerak cepat melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kelangkaan sejumlah bahan pangan.

Sebagaimana diketahui, Sumatera Barat menjadi salah satu daerah pemasok sejumlah kebutuhan pangan ke Kota Pekanbaru. Sebut saja seperti cabai dan juga bawang merah.

"Memang saya dapat informasi adanya erupsi di Marapi Sumbar, tentunya apakah itu nanti berpengaruh langsung dengan kebutuhan pangan di Kota Pekanbaru, khususnya cabai ya, tentu ini akan kita komunikasikan dulu," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, Maisisco, Senin (4/12/2023).

Terlebih saat ini sebentar lagi akan memasuki Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Tentu ini yang perlu kami komunikasikan dalam hal ini kita akan komunikasi dengan Walikota ataupun Sekda. Dan kita juga sudah ada melakukan komunikasi dengan BPS Kota Pekanbaru, terkait langkah konkrit untuk seperti penanganan di ketahanan pangan untuk Nataru. Terlebih ada insiden ini," jelasnya.

Untuk itu pihaknya akan langsung melakukan pengecekan terkait hal ini. Namun selain itu, tentu ada langkah cepat lainnya yang akan dilakukan yaitu mencari titik produksi lain.

"Kita akan cari titik produksi lain selain Sumbar. Antara lain itu semisal di wilayah Sumut, bisa Aceh, Dumai atau daerah kabupaten tetangga kita. Tentu kita mempersiapkan ini. Ditambahkan lagi ada kemungkinan-kemungkinan lain terkait cuaca saat ini yang sering turun hujan tentu ini akan mempengaruhi kondisi," jelasnya.

"Karena kita khawatirkan juga hujan ini akan membuat sejumlah komoditi seperti cabai dan bawang itu terkendala karena hujan cukup tinggi. Yang tentu membuat produksi pertanian terpengaruh," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya Gunung Marapi yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, meletus pada Ahad (3/12/2023) sekitar pukul 14.54 WIB kemarin.

Meletusnya gunung api berketinggian 2.891 mdpl ini ditandai dengan adanya muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah yang disertai suara gemuruh.***

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index