Rektor Unilak Resmikan di Mulainya Pembangunan Rumah Sayang Disabilitas

Rektor Unilak Resmikan di Mulainya Pembangunan Rumah Sayang Disabilitas

RIAUREVIEW.COM --Pada peringatan hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi meresmikan dimulainya pembangunan Rumah Sayang disabilitas. 

Peresmian di mulainya pembangunan dipaparkan Prof Junaidi yang juga ketua Dewan Pendidikan di kampus Unilak, saat di gelar seminar yang bertemakan menciptakan kesempatan, memupuk bakat, menyatu dalam kebhinekaan disabilitas. Pembangungan rumah sayang ini diperkirakan akan diresmikan di tahun 2024, letaknya tepat berada di komplek halaman tidak jauh dari gedung Pustaka Unilak.Senin 4 Desember 2023, turut hadir Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami M Kom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau Dr Karmila Sari, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau, Kepala SLB se Riau,Dinas Sosial Riau dll.

Prof Junaidi mengatakan, kehadiran rumah sayang disabilitas merupakan salah satu bentuk dukungan bagi pemenuhan hak hak disabilitas di Unilak. Ini merupakan bagian dari sarana dan prasarana mahasiswa.

Hadirnya rumah ini diharapkan menjadi ruang ide ide kreatif mahasiswa disabiltas yang sedang menempuh pendidikan di Unilak. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan mitra Unilak ada BRI, BTN, BRK, Pemprov Riau dan DPRD Riau.ucap Prof Junaidi.

Diceritakan Prof Junaidi, bahwa, sejak dua tahun lalu Unilak telah mencanangkan sebagai kampus ramah disabilitas, perlahan-lahan kami membuat program untuk pemenuhan hak hak disabilitas, selain itu juga membangun infrastruktur bagi mereka, salah satunya hadirnya rumah sayang disabilitas ini.

"Kita ingin hadirnya rumah sayang ini dapat mendorong mereka bisa menjadi mandiri, setelah meraih gelar sarjana. Tidak hanya itu kami juga telah merumuskan pembentukan unit P2K2 untuk mahasiswa khusus disabilitas." ujar Prof Junaidi.

Peremsian dukungan pembangunan Rumah Sayang ditandai dengan pembubuhan tanda tangand i maket gedung yang diawali oleh Rektor Unilak, pimpinan bank BTN, BRI, Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru, anggota DPRD Riau Dr Karmila Sari MKom, Dewan Pendidikan Riau dll.

Saat ini ada 33 mahasiswa disabilitas yang kuliah di Fasilkom, Fadiksi, dandi Prodi Desain Interior Fakultas Teknik Unilak. Dalam kegiatan di kampus Unilak digelar berbagai kegiatan seperti pameran fotografi, lomba nyanyi, lomba mewarnai dan seminar nasional.

#Rezita Maylani

Index

Berita Lainnya

Index