Curah Hujan Tinggi, PLTA Koto Panjang akan Kambali Tambah Bukaan Pintu Waduk

Curah Hujan Tinggi, PLTA Koto Panjang akan Kambali Tambah Bukaan Pintu Waduk
PLTA Koto Panjang/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Manajemen Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau akan kembali menambah bukaan pintu pelimpahan waduk dari 5x110 Cm menjadi 5x140 Cm, pada pukul 14.00 WIB, Ahad (31/12/2023). 

Rencana penambahan bukaan pintu waduk dibenarkan oleh Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar, Ahad (31/12/2023). 

Cecep mengatakan, penambahan bukaan pintu waduk sehubungan masih tingginya curah di sisi hulu yang menyebabkan baiknya elevasi waduk PLTA Koto Panjang. 

"Maka dengan kondisi itu, kami informasikan akan melakukan penambahan bukaan pintu pelimpahan (Spilway Gate), yang sebelumnya di posisi 5x110 Cm ditambah bukaan pintuk pelimpahan 5x30 Cm. Maka total bukaan pintu 5x140 Cm. Diperkirakan kenaikan permukaan air sungai naik menjadi 30-40 Cm dari kondisi terakhir," katanya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar untuk waspada jika ada pemberitahuan pembukaan pintu waduk. 

"Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat dampak pembukaan pintu waduk. BPBD Kampar juga sudah menginformasikan kondisi terkini PLTA Koto Panjang ke Camat

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index